Seleksi Terbuka Masuk SMA Negeri 3 Bandung

April 13, 2012

Pernah saya ingatkan kaka, bagaimana sulitnya ketika ujian masuk ke sma 3malaikat. Masak sekarang mau terus-terusan bersenang-senang di dalamnya? Atau karena sudah capek-capek susah-susah masuk, masak di dalamnya tidak bersenang-senang? pesta Tahun lalu, ketika pengumuman hasil seleksi, kaka dan teman-teman sedang “KKN ala SMP SAF” di desa di Garut. Tidak ada koneksi internet, padahal pengumuman hanya bisa dilihat via situs seru3 oleh siswa yang bersangkutan only (ada login usernya). Gurunya, bu Anna, sampai nelepon2 saya karena kaka (dan teman-teman) sudah gelisah menunggu hasil seleksi berdoa. Beberapa temannya ada yang menangis tersedu-sedu karena mendapat kabar tidak lolos seleksi tahap I tersebut menangis. Beberapa teman gembira karena  orang tuanya mengabarkan kalau mereka lolos bangga diri. Kaka gelisah, karena saya belum mengabarinya via bu Anna cemas. Alhamdulillah, kabar yang diterimanya kabar membahagiakan. Lolos seleksi tahap I. Dari hampir 1300 yang (berani) mendaftar, diterima 250 (kurang lebih), dan kaka sebenarnya ada di urutan 31, not bad huh? keren di bawah sahabatnya sih, Hafizh yang ranking 15 hehehe salut. tapi not bad lah semuaaa.

Ketika diingatkan kembali masa-masa itu, kaka cuman cengar cengir. dia bilang, kaka ga nangis koq waktu itu jangan bilang siapapun. huuuu. ibu datang menjemputnya ke Garut, dia nangis2 toh. Kangen lho seminggu ditinggal KKN. peluk erat

Yah, masuk sma 3 itu kesannya susah sekali. iya kali ya? ada dua jalur, jalur seleksi terbuka(SERU3) dan jalur seleksi Nilai Evaluasi Murni(NEM) hasil Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). di SERU3 ini ada 2 tahapan seleksi, seleksi tahap I adalah seleksi akademis, sementara seleksi tahap II adalah wawancara (yang dilakukan untuk yang sudah lolos tahap I). Test akademik ada psikotest, IPA, TOEIC, writing, speaking, Matematika, IPS, TIK. terkejut

Banyak ! Tahun lalu, Psikotest dan speaking dilaksanakan di sekolahan, sementara test lainnya dilaksanakan di GOR (GOR citra). jadi ingat cerita mas ketika mengantar kaka, di sana MACET sekali ! ada anak yang berlari-lari membawa papan dada, menangis2 karena sudah terlambat sedih. terhambat karena MACET! jadi, sepertinya mental yang harus disiapkan. kalo soal pelajarannya? ya pelajaran sekolahan aja bagaimana. IPA, IPS, Mat nya susah hehehehe.. saya perkirakan itu soal2 anak kelas 2-3 SMA deh waduh!. TIK standar, tapi bahasa inggris. writing, menulis essay. speaking, membahas writing tersebut. Sementara kalo wawancara, itu verifikasi data (nilai raport SMP) dan kesiapan anak dan orang tua di SMA.

Ini saya copy kan dari situsnya http://seru3.sman3bdg.net. situs ini sepertinya hanya dibuka menjelang seleksi kali ya?

  • Kapasitas Daya Tampung

Besarnya kapasitas daya tampung bagi calon siswa baru kelas X yang masuk SMAN 3 Bandung melalui SERU3 Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 256 orang

  • Persyaratan Umum
  1. Memiliki surat keterangan kesehatan dari Dokter Pemerintah ataupun Swasta.
  2. Memiliki surat keterangan dari sekolah asal bahwa siswa sedang duduk di kelas IX (sembilan)
  3. Memiliki surat keterangan kelakuan baik, tidak terlibat kenakalan remaja dan penyalah gunaan narkoba dari sekolah asal.
  4. Memiliki nilai raport semester 1,2 , 3, 4, 5 SMP atau sederajat dengan nilai rata-rata minimal 75 untuk tiap mata pelajaran ; IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  5. Memiliki surat keterangan sertifikat bahasa Inggris dan Komputer (jika ada)
  6. Memiliki prestasi kejuaraan akademik minimal pada tingkat kabupaten/kota, dibuktikan dengan sertifikat, piagam, surat keterangan (jika ada)
  7. Untuk juara 1, 2, 3 Olimpiade Sains,Seni dan Olahraga tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional dapat diterima sebagai calon siswa baru RSBI (menurut pasal 17 dan 18 Permendiknas RI nomor 34 tahun 2006)
  8. Membuat surat pernyataan bersedia mengikuti Program RSBI.
  • Persyaratan Khusus
  1. Lulus dari Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTs tahun pelajaran 2011/2012
  • Jadwal Pendaftaran, Seleksi , Verifikasi dan Wawancara
  1. Pendaftaran secara on line mulai tanggal 16 Maret s.d. 5 Mei 2012
  2. Print out kartu peserta mulai tanggal 14 Mei s.d. 17 Mei 2012
  3. Psikotest tanggal 18 Mei s.d. 19 Mei 2012
  4. Pelaksanaan tes akademik tanggal 21 Mei s.d. 24 Mei 2012
  5. Pengumuman tahap 1 tanggal 31 Mei 2012
  6. Wawancara dan Verifikasi tanggal 1 Juni s.d. 2 Juni 2012
  7. Pengumuman tahap 2 (Final) tanggal 6 Juni 2012
  8. Pendaftaran ulang tanggal 8 Juni s.d. 9 Juni 2012
  • Jadwal Seleksi
No
Tanggal Pelaksanaan
Mata Pelajaran
Waktu Pelaksanaan
Tempat Pelaksanaan
1 18-19 Mei 2012 Psikotes 07.30 s.d Selesai
Belum ditentukan
2 21 Mei 2012 IPA, TOEIC dan Writing 07.30 WIB s.d 09.30 WIB
Belum ditentukan
10.00 WIB s.d.12.00 WIB
12.30 WIB s.d.14.00 WIB
3 22 Mei 2012 Matematika, TIK dan IPS 07.30 WIB s.d 09.30 WIB
10.00 WIB s.d.12.00 WIB
12.30 WIB s.d.14.00 WIB
4 23-24 Mei 2012 Speaking 07.00 WIB s.d. selesai
Belum ditentukan

fiuh..  berdoa

perjuangan dimulai, masih panjang. ibu senantiasa berdoa, dan bekerja sekeras2nya. agar anak-anak mendapatkan pendidikan yang pantas, yang layak, untuk kebaikan di masa depannya. amin.

About these ads

30 Responses to “Seleksi Terbuka Masuk SMA Negeri 3 Bandung”

  1. ghaby Says:

    Hello! mau nanya dong, jadi maksudnya kamu mau daftar seru3 tahun ini? hehe makasih :D

  2. vitaaaaaaa Says:

    jadi pengalamannya dr seluruh test itu mudah atau sulit ? aduh terutama test akademik . apakah susah banget yg ditest kan ??
    terus pengalamannya gimana wktu test TOEIC ??

    • pbasari Says:

      halo vita. itu yg test ke sman3 anak aku. katanya test akademiknya susahhh, yah soal2 kelas 2 sma atau kelas 3 kali ya. toeic relatif mudah, asal pernah belajar bahasa inggris aja dan berani speaking. sukses buat vita.

  3. Andre Says:

    Apakah TOEIC yang digunakan berstandar internasional bu? Karena sekolah ini kan bertaraf internasional, jadi seharusnya juga menerapkan standar yang memang menjadi unggulan agar mutu sekolah bisa terjaga.

    • pbasari Says:

      halo andre, maaf saya jarang buka blog lagi. sayang sekali sekarang sma 3 sudah tidak RSBi lagi, jadi sudah tidak ada seleksi masuk via jalur test lagi.

  4. Parbati Anjali Says:

    Saya , parbati sedang mencari sekolahan yang baik dan bermutu . Saya sangat tertarik
    Dengan sekolahan SMAN3 ini . Seperti nya saya sdh berada di sekolahan ini . Semoga tahun depan saya bisa masuk di Sekolah ini ya . Sekarang saya baru kls 9. Di Dian Harapan Lippo cikarang . Terimakasih semoga SMAN 3 ini lebih baik Dan lebih Bagus lagi … Salam Dari saya .
    Parbati Anjali

    • pbasari Says:

      halo perbati. saya alumni sman 3 bandung, sampai sekarang pertemanan dengan teman2 sesama sman 3 sangat erat. sangat bermanfaat. anak saya juga di sman3, dia sangat senang dengan segala aktivitas di sekolahnya.

      semoga perbati bisa masuk sma 3 ya. sekarang hanya ada jalur nilai UN, mudah2an nilai UN nya bagus. karena dari luar kota, ada quote maksimal 10% jadi hanya menampung 29 anak kurang lebihnya. semangat ya.

  5. made diah Says:

    hallo bu saya made diah.
    apakah klo mw msuk sman 3 it tes nya sush?
    truz klo wawancara it ngapain aj ya?
    danem nya thun kmren brp?
    dan kira” klw dri lampung ap ad kmungkinan msuk sman 3?
    trimakasih
    (mav kalo banya tanya) :D

    • pbasari Says:

      halo made diah, maaf telat balasnya. skrng masuk sma 3 dg menggunakan nilai un saja. tidak ada lagi seleksi jalur test tersendiri (ppdb). jadi tidak ada wawacancara. dulu wawancaranya seputar kesiapan tuk sekolah saja koq. misal anak ditanya, masuk 3 disuruh ortu apa kemauan sendiri? trs nanti kuliah mau di mana, mau di luar negeri apa ga? dll. sedangkan ortu ditanya kesiapan ttg pembiayaan dll. tdk terlalu mempengaruhi.

      dari lampung tentu bisa dong masuk 3. sobat saya thun 1987, kami lulus thn 1990, ada dari smp lampung. 3 orang. lalu lanjut ke itb :).

  6. Abrisya Says:

    Sy juga deket karawaci……BSD City. Tp SMP nya Binus Alam Sutera SERPONG………Pengen coba 3 Bdg juga.
    Soalnya mau masuk 8 jakarta, takut….udah minder duluan.
    Jatah luar Kota sedikit….5%…dan UN hrs LEBIH tinggi banget…
    Secara WIKIPEDIA 2013/2014 kmrn SMAN 8 Jakarta :
    Terendah 9,388 (2013)…….37,552
    Tertinggi 9,800 (2013)………39,200
    Rata-rata 9,502 2013)……..38,050
    Itu kan tinggi bangettt …….tahun 2013/2014 lalu dari BINUS yg tembus 8 Jkt cuma 2 orang.
    Klo buka website 3 Bdg…..gak setinggi 8 Jkt.
    Passing grade nya 36,70 dan Luar kota 37,20…kuota 29 orang

    • pbasari Says:

      hi abrisya. masuk tahun 2014/2015? silahkan dicoba ke sma 3, semoga nilai un nya mencukupi ya. untuk sekolahan, bandung itu sangat nyaman. apalagi skrng, walikota barunya sangat memperhatikan bandung. tiap senin ada bis gratis untuk pelajar. ada taman2 ber wifi, juga masjid. sma 3 sendiri full wifi. anak saya aktif di sma 3 di ekskul pecinta alam, banyak kenalan senior2 yang memberi arahan tuk perkuliahan nanti. insya allah ingin terus ke itb.

  7. Athira Fadia Says:

    Saya, Athira. saat ini saya duduk di kls 9, dan berminat untuk masuk di SMAN 3 Bandung, saya tinggal di derah Lampung. tahu SMAN 3 dari kakak saya yg tinggal di Bandung, mau nanya. masuk SMAN 3 skrng dngn nilai UN bukan ? (SMA di kota saya begitu), dan tidak ada TOEIC lagi bukan ? (itu tes yang sangat membuat deg-degan dan bikin pesimis) soalnya saya selalu gak PD kalau harus berbahasa inggris, bahkan yg mudah sekalipun. mohon bantuannya :)

  8. Anandhika Arifianto Says:

    Hallo ibu, bagaimana lingkungan sosial dan tata tertib di SMA 3 Bandung? apa tata tertibnya sangat ketat atau bgmn? lalu kesenjangan sosialnya bagaimana bu? terima kasih Lalu yang terakhir jalur undangan ke ITB berapa ya bu?

    • pbasari Says:

      lingkungan sosial cukup kondusif, tata tertib dan kesantunan menjadi prioritas. tidak seketat sekolah swasta/agama sih, tp cukup santun. kesenjangan sosial rasanya tidak ada, krn anak2 orientasinya berprestasi, bukan hedonisme. kalo jalur undangan, skrng namanya snmptn, cukup berpeluang kl dari sma3 khususnya ke itb, asal raport 5 semesternya bagus :))


  9. Assalamualaikum, saya mau tanya kalau pembukaan pendaftaran buat tahun 2014/2015 itu kapan ya? mohon infonya, terimakasih

  10. Ama Says:

    Hai ibu, saya Rahma, siswi smp kelas 9 dari Cirebon. Saya masih sedikit belum paham, kan sma 3 sudah ngga rsbi lagi, berarti untuk ppdb tahun ini ngga pake tes akademik? Cuma pakai nem aja? Tolong dijawab ibu, terimakasih :)

  11. abah jai Says:

    salam kenal bu. saya org tua dr Farhan Ubaidillah di Cibiru bdg. tahun ini mau masuk SMA, ktnya pengin ke SMA 3. mau taya, kl PSB tahun skrg kpn ya? mksh.

  12. abah jai Says:

    mksdnya anak saya mau msk sma.

  13. yonatan Says:

    Apakah jika mendaftar test di sman 3 masih bisa mendaftar test di sman lain? Atau setelah seru3 dan tidak lolos masih bisa mendaftar berdasarkan NEM? Trims.

    • pbasari Says:

      maaf, seru3 sudah tidak ada lagi sejak tidak berlakunya sbi/rsbi. jadi skrng penerimaannya murni menggunakan nilai un :). saya agak lupa dulu itu, sptnya seru3 lebih dahulu diadakan, shg jika tdk keterima, masih bisa mengikuti jalur nem.

  14. Dera Says:

    Assalamu’alaikum :)
    Saya boleh tanya kan?
    Rencananya setela UN nanti saya mau masuk ke SMAN 3 Bandung ini :)
    Tapi kalau boleh tau masuknya pakai NEM kan? Minimal nilai UN nya berapa biar bisa masuk SMAN 3 Bandug? :D
    Makasih :) .. wassalamu’alaikum :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: