Dari Try Out ke Try Out UASBN SD/MI

April 28, 2008

Saya dan Mas percaya, akademis hanya salah satu hal yang harus dikejar. Masih banyak sisi lain yang mungkin malah mendominasi keberhasilan seseorang. Saya hanya ingin anak yang baik hati, bahagia, bisa berteman, dan membantu sekitar. Tapi mau tidak mau, suka tidak suka; karena standar nasional diberlakukan; saya harus mencari tahu apakah Kaka sudah layak lolos akademis dari standar nasional ini.

Karena Kaka tidak kami masukan ke Bimbingan Belajar, maka semangatlah kami jika ada penyelenggaran Bimbingan Belajar mengadakan Try Out, terutama jika GRATIS . [Ortunya yang semangat, anaknya juga semangat koq, biasa, karena rame-rame bersama teman-teman ]

Try out pertama, dari Bimbingan Ganesha Operation (GO). Diselenggarakan di Gor Jalan Jakarta, diikuti se Bandung Raya.
Takjub, ribuan anak-anak! Owh. Sekarang baru Try Out SMP, tapi 6 tahun lagi anak-anak ini tetap bersama Kaka untuk kembali bersaing; tapi memperebutkan bangku kuliah! Adrenalin saya meningkat, semangat menggebu. Satu lagi milestones di depan mata saya, yaitu menghantarkan Kaka kuliah . Waktunya pendek, 6 tahun saja.. Melayang menuju 6 tahun yang akan datang, hiii.. Lamunan terputus, saya kembali ke realita di tengah ribuan anak SD ini

Hasil Try Out ternyata cukup mengejutkan. IPA 5.14, artinya kan di bawah standar kelulusan? Hiiii. Nilai maksimum anak adalah 25-an, dari 3 pelajaran. Rendahkah? Beberapa SD favorit di Bandung, seperti Priangan, BPI, Sabang, dll; berhasil menempatkan murid-muridnya di peringkat terbaik. Kaka, ada di peringkat 74 dengan nilai 20,sekian. Untuk apa peringkat? Yang mencolok mata saya adalah.. heyyy itu IPA masih 5!

Try out kedua, dari Primagama. Diselenggarakan di SMP Darul Hikam, Dago. Hihi, sekolah yang dikeluhkan pa Arry? Diikuti se Jawa Barat.
Soal-soal lebih sulit! Matematika banyak soal cerita. IPA, banyak yang salah dijawab, nilai 5.25. Hiiii
Matematikanya cukup baik, 6.5. Koq 6?

Panik mulai melanda. Rendah sekali nilai anak saya?

Sementara itu, Sekolah Kaka pun menyelenggarakan Try Out, bekerja sama dengan Bimbingan Belajar Ganesha Operation juga. Hasil lebih baik. Nilai masih kecil tapi sudah di atas 6. Lulus kan?

Rasanya aneh, apa saya dulu ada Try Out Try Out-an? Kini, anak SD/MI saja sudah harus Try Out. Saya pikir Try Out perlu juga, antara lain:

  • mengetahui posisi diri terhadap anak lain dari sekolah, tidak jago kandang
  • mengetahui soal-soal lain, memang pasti sesuai SKL tapi tingkat kesulitannya akan berbeda (Soal-soal Try Out dari Bimbingan Belajar, lebih sulit dari soal-soal Sekolah). Sepertinya sengaja dibuat demikian, banyak soal cerita dan analisis.
  • menerima realita, begitu banyak anak-anak seusia, semua adalah calon saingan ha ha ha. mudah-mudahan anak saya tidak kuper, kalo sudah SMA, boleh lahhh Try Out dipake ngeceng-ngeceng

Tapi banyak-banyak Try Out juga tidak baik. Anak bisa jadi jenuh, apalagi jika tetap tidak faham terhadap soal-soalnya. Ya gimana atuh, Try Out kan bukan untuk ngapalin soal

2 Responses to “Dari Try Out ke Try Out UASBN SD/MI”

  1. Fery Says:

    Mbak Ayi,

    kebetulan saya akan pindah ke Bandung dan sedang nyariin sekolah untuk anak saya yg naik ke kelas II SD.

    Kalo nggak keberatan, mungkin Mbak Ayi bisa ngasih rekomendasi SD yang baik di Bandung. Sementara ini kami sudah punya 2 calon yaitu SD 02 Banjarsari dan SD Taruna Bhakti. Tapi masih blm mastiin mau ke sekolah yang mana.

    Trims sebelumnya,

    Fery I.

  2. indy Says:

    gman y ??
    kata papah aku dpt rangking 2821 d.primagama , tapi kata temen aku aku dapet rangking 1800 , hadooh… bingung..
    gman dong ??
    kasih sarn dump !!


Leave a Reply

