IPA di UASBN SD/MI 2008

May 3, 2008

Bangun tidur, berkaca.. kucoba tuk tersenyum.. sayu..

layer-layer rambut yang berantakan, mata berlapis lens berwarna soft amber..

who do you think you see? when you look at me?

bayang-bayang..

Who is that girl I see?
Staring straight back at me?
Why is my reflection someone I don’t know?
Somehow I cannot hide [taken from
Reflection]

Nah, bagaimana bentuk bayangan jika cermin yang digunakan adalah cermin cembung? Jika saya melepas lens minus saya, bayangan akan jatuh di depan atau di belakang fokus?

Loh, maksud hati mengevaluasi diri dan menatap how old i am, tapi malah kembali ke laptop yang dipenuhi soal-soal UASBN.. ho ho ho

Saya ‘belajar’ lagi IPA, Sains. Kan menyambut UASBN SD/MI yang tinggal beberapa hari lagi. Ada 7 kompetensi dari pelajaran ini, ada 40 soal yang akan keluar: [Satuan Kompetensi Lulusan bisa didapat di sini]

  1. Mendeskripsikan ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, upaya pelestariannya [Soal 1-7]
  2. Mendeskripsikan saling ketergantungan antar makhluk hidup serta cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya [Soal 8-12]
  3. Mengidentifikasi bagian tubuh manusia, hewan, dan tumbuhan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuhan sehat [Soal 13-20]
  4. Memahami perubahan wujud benda dan kegunaan, pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari [Soal 21-23]
  5. Memahami berbagai bentuk energi, gaya serta perubahan, manfaat dan pengaruhnya [Soal 24-32]
  6. Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, kegunaanya, dampak bagi kehidupan dan gejala [Soal 33-36]
  7. Memahami sistem tata surya [Soal 37-40]

Wah, tentang energi, ternyata menghabiskan 8 soal. Sementara tentang perubahan wujud benda, hanya ada 3 soal. Hehehehehe, ini belajar koq berdasarkan JUMLAH soal yang akan keluar.

Wah, tidak jadi berlama-lama bercermin. Mari-mari belajar kembali..

9 Responses to “IPA di UASBN SD/MI 2008”


  1. terima kasih atas sharingnya
    sudah bisa saya download
    itu sangat membantu saya dalam membimbing anak saya

    anyway, bisakah saya memperoleh materi untuk pelajaran yang lain (MATH dan B.INDONESIA) ?
    akansangat membantu jika saya bisa mendapatkannya
    terima kasih

    untung-bni

  2. Hana Says:

    Mohon dikirim soal uasbn 2008 tk SD untuk pelajaran IPA

  3. Lestari Says:

    Minta soaL-Soal SD donx….


  4. mohon maaf mbak hana dan mbak lestari
    saya telat cek wordpress ini, uasbnnya sudah berlangsung ya🙂
    soal2 saya sebenernya ada, dari internet ada; soal2 try out juga ada.
    sayang sekali tidak segera disharing..
    lain kali, SMP ya..

  5. puada Says:

    salam selamat dibukanya forum unjuk pendapat yang positif,cerdas dan kreatif…

  6. Rizki Says:

    Kemarin saya dapat jadwal dan kisi-kisi UASBN Tahun pelajaran 2008/2009, saya posting di blog saya. Kalu mau silakan ke http://rangkuman-pelajaran.blogspot.com

  7. rina Says:

    tolong dikirim soal-soal uasbn 2008 tk SD utk pelajaran IPA

  8. Mahrus Says:

    tolong kami dikirimi soal-soal Try Out UASBN pelajaran IPA kelas 6, thank


Leave a Reply

