Pemeriksaan Kimia Klinik

May 29, 2009

Kalo tahun lalu saya menghadiahi diri dengan kenaikan BBM, ups, maksudnya dihadiahi oleh pemerintah dengan kenaikan BBM di tanggal 24 Mei [dan lalu diturunkan tiga kali, lanjutkan!]; tahun ini saya menghadiahi diri dengan menyiksa diri bersama jarum suntik. Ah lebai, ga segitunya kaleee. Memang, ketika pengambilan sample darah, suster kesulitan mencari pembuluh darah saya yang katanya ketjil-ketjil. Jos pun tidak berhasil mendapat sample, yang ada adalah saya menjadi keleyeng-keleyeng mungkin karena ketakutan😀.  Tapi ini hanyalah pengambilan darah biasa sajah.

Ya. Ini pemeriksaan rutin atas kesadaraan sendiri, pemeriksaan kedua setelah pemeriksaan pertama – yang ternyata – dilakukan pada April 2005 yang saya arsipkan di sini. Huih sudah 4 tahun berlalu toh.

Pemeriksaan dilakukan di Dinas Kesehatan Prov Jabar di Balai Pengembangan Laboratorium Kesehatan. Jika empat tahun lalu, tempat itu begitu sempit dan dipenuhi pasien-pasien, sekarang tempat itu tampak elegan, bersih, lengkap. Pasien pun sedikit, sepertinya dikarenakan pasien Askes kin (?) jamsostek (?) tidak diterima di situ. Hm.. Lalu mereka harus memeriksakan diri ke mana atuh?

Tapi pasiennya masih sama, nenek-nenek dan kakek-kakek😀. Terbayanglah diri saya 30-40 tahun mendatang jika saja umur ini dipanjangkan Al Muhaimin, sang Pemelihara🙂. Mungkin saya tetaplah nenek cantik, hehehe, tapi harus banyak periksa ini itu. Tidak seperti sekarang, pemeriksaan yang dipilih sama dengan 4 tahun lalu, dikurangi SGOT dan SGPT. Biaya 93 ribu mencukupi untuk pemeriksaan kimia klinik dengan hasil, ternyata, sebagai berikut:

Tabel Hasil Pemeriksaan Ayi Purbasari (27 Mei 2009)

Pemeriksaan Hasil Satuan Angka Normal Metode
Gula Puasa 87 mg/dl 70-100 HEXOKINASE
Glukosa 2 Jam PP 80 mg/dl <140 HEXOKINASE
Cholestrol Total 222 mg/dl <200 CHOD-PAP
Trigliserida 50 mg/dl <200 GPO-PAP
HDL Cholestrol 59 mg/dl Lk > 55 Pr >65 CHOD-PAP
LDL Cholestrol 153 mg/dl Suspek >150 CHOD-PAP
Asam Urat 3,8 mg/dl Lk 3,4 – 7,0 Pr 2,4 – 5,7 POD

Wah kolestrol totalku 222? Sementara 4 tahun lalu 209, naik 13 point? Sementara hasil tes Mas adalah sebagai berikut:

Tabel Hasil Pemeriksaan Arief Zulianto (27 Mei 2009)

Pemeriksaan Hasil Satuan Angka Normal Metode
Gula Puasa 99 mg/dl 70-100 HEXOKINASE
Glukosa 2 Jam PP 95 mg/dl <140 HEXOKINASE
Cholestrol Total 206 mg/dl <200 CHOD-PAP
Trigliserida 262 mg/dl <200 GPO-PAP
HDL Cholestrol 26 mg/dl Lk > 55 Pr >65 CHOD-PAP
LDL Cholestrol 128 mg/dl Suspek >150 CHOD-PAP
Asam Urat 5,8 mg/dl Lk 3,4 – 7,0 Pr 2,4 – 5,7 POD

Dibandingkan dengan 4 tahun lalu dimana kolestrol totalnya 234, artinya ada penurunan. Apakah karena suka makan oatmeal dan madu? Serta minum air antioksidan (terpengaruh oleh iklan ha ha). Lalu bagaimana dengan trigliserida yang dari 624 menjadi 262? Masih tinggi yah.

Berbekal hasil 4 tahun lalu dengan skor yang bagusan saya daripada skor nya Mas, saya optimis tahun ini pun saya lebih sehat daripada Mas. Tapi, hiks, ternyata kolestrol saya menaik dan kolestrol Mas menurun. Curang! Kita kan makan makanan yang sama. Bahkan saya enggak makan daging kambing dan olahannya, daging sapipun jarang karena ga bisa masaknya😀.

Iya sih, saya ga suka sarapan oatmeal. Saya sukanya nyemil kerupuk terutama kerupuk pedes, teh hangat ditemani pisang goreng dan cireng isi, serta bala-bala. Kadang-kadang nyari odading, sedang untuk makan siang dan malam dipilihlah bakso ato somay bumbu kacang plus mpek-mpek lenggang. Perfekto!

Mereka kah penyebab skor di atas 200 ini?😀

Jadi. Artinya. Sekarang saya yang harus berpisah dengan mereka dan berkenalan dengan oatmeal nih? Idih..

[Sebenarnya saya ga faham dengan angka-angka kuantitatif itu. Tapi makanan apa yang meningkatkan HDL dan menurunkan LDL? Makanan apa yang menaikkan HDL dan menurunkan trigleserida?]

Ah saya diet WRP  saja deh, biar seperti Cut Tary🙂

Leave a Reply

