Anak ketiga

December 19, 2011

Ada yang bilang, punya anak ketiga berarti sudah berpengalaman dan karena itu lebih santai saja. Ya, barangkali memang rasanya lebih mengalir, feel free. Tidak lebay dalam menghadapi persoalan seputar anak, tidak sotoy dalam beperilaku terkait tumbuh kembang;  tetapi bukan berarti santai. Ribet sih tetep, jungkir balik sih iya, dan tetap berharap menjadikan anak seoptimal mungkin. Yang utamanya adalah anak itu harus bahagia dan bahagia adalah sesuai dirinya, bukan sesuai kita selaku orang tua.

Ada satu hal yang tetap membuat saya sentimentil dalam menjalani hari-hari bersama anak ketiga ini. Dengan perbedaan usia kami 39th (!) saya merasa hanya memiliki waktu yang sedikit untuk hidup bersamanya. ketika dia 20th, artinya saya sudah 59th (!!!), ketika dia berusia 30th (dan barangkali baru menyelesaikan sekolahnya sebagai sub spesialis bayi-bayi baru lahir – eh?), saya sudah berusia 69th (!!!!!). masih ada kah saya? masih hidupkah saya? masih diberi kesempatankah untuk hidup dan menemaninya melahirkan bayi-bayinya? (aih).

makanya, saya pikir punya anak itu memang lebih baik semuda mungkin, agar waktu yang dilewatkan bersama, bisa selama mungkin. meski barangkali tidak akan mudah, karena kompleksitas persoalan ibu muda akan dihadapi, meski ibu tua juga tidak berarti bebas persoalan😀. lagian, ada orang yang bertambah usia, tidak berarti bertambah  dewasa dalam memandangi kehidupan. memang, usia bukan patokan, tapi buat saya  angka-angka itu tampak mengerikan (39, 59, 79… ) *hiiii

Angka-angka yang terus berjalan tak akan ma mpu dibendung. satu-satunya cara adalah membuatnya berkualitas. Umur di atas angka boleh berlanjut, tetapi umur tubuh dan jiwa bisa kita pelihara sedemikian rupa agar berjalan sedemikian lambatnya, agar terjaga sampai anak-anak tumbuh dewasa; esp. anak ketiga ini🙂.

*luv u son, luv u girls; mommy will be with u, ever after.

karena itu, mari kita mulai langkah  hidup berkualitas. langkah pertama adalah jagalah hati,  kedua adalah jagalah kesehatan😛 mari hidup dengan hati yang sehat😀 (maksudnya ikutan imunisasi hepatitis, gitu kali ya? :P)

 

Leave a Reply

