Growth Chart untuk Bayi dan Anak

December 19, 2011

Masih tentang anak ketiga, ada yang bilang kalo anak pertama maka orang tua akan hapal detail-detailnya misalkan berat badan, tinggi badan, kata-kata pertama dll. Kalo anak ketiga ditanya berapa berat badannya, maka orang tua tidak ingat😀. Tapi tidak berlaku untuk saya. Barangkali karena anak-anak saya terpaut jauh satu sama lain, 7th dan 7th, maka semuanya bagi saya adalah anak pertama lagi, sangat spesial rasanya. Jadi semuanya saya pantau segala sesuatunya sesuai standar saya, misal ASI ya harus dua tahun full.

Namun, ada hal yang membuat malas banget memantaunya, bukan malas sih tapi cenderung desperado. Itu terjadi sejak RIfqa putri kedua saya, apalagi tak lain dan tak bukan adalah berat badannya (yang ga naik2 :D). Rifqa kurus, mungil, imut; seimut-imutnya. Ya catatan tentang perkembangan dia sih ada, saya catat di multiply saya misalnya. Berat badan saya pantau dengan Growth Chart yang saya download sendiri dari situsnys, tapi ya malas; abis titik-titik grafiknya melandai begitu sih😦

Besar harapan ketika anak ketiga Riefa lahir dengan berat jauh di atas berat lahir Rifqa, 3,12kg sementara Rifqa hanya 2,440. Tapi ternyata struktur tulang Riefa sama kecilnya dengan Rifqa, jadi ketika menumbuh seperti sekarang, menjadi imut dan mungil. De Javu rasanya, mirip punya mini-me nya Rifqa, punya dua Rifqa! Sampai sekarang, 15bulan, baby Riefa berberat badan 8.3kg saja, 3kali berat lahirpun belum😀. makanya, males deh isi Growth Chartnya. titik-titik yang landai.

Barangkali yang butuh growth chart, bisa diambil di situsnya CDC, free buat di download. Yah meskipun berat badan anak kita tidak sesuai  milestones yang ditargetan orang-orang kesehatan itu, kita bisa manfaatkan growth chart ini untuk dokumentasi kesehatan anak-anak kita. juga melihat apakah sudah cukup baik atau stagnan, juga perbandingan terhadap tinggi badan dan lingkar kepala.

Dulu, rifqa saya gunakan growth chart dengan percentile 3rd, untuk anak-anak kurus hehehe, itu pun dia tetap ada di bawah grafiknya :((. pun sekarang juga, usia 8 thn beratnya 20kg, persis keponakan saya yang usianya 2th😀. haiyah, punya anak-anak koq kurus-kurus, apa ga dikasi makan ya.. sementara itu ibunya besar dan gemuk (meski dari hitungan Body Mass Index – BMI, saya masih masuk ideal – ehm), tapi dari ukuran celana, saya merasa gemuk !

Malasnya deh menggunakan growth chart ini, untung ga ada growth chart buat ibu-ibu hihihihi

Barangkali mau coba menggunakannya, silahkan klik di sini: Growth Chart

Leave a Reply

