Gunung Masurai, Emas yang Terurai

July 12, 2012

Pesan sponsor😛 klink situs resmi Ekspedisi Gunung Masurai ya di http://jamadagni36.blogspot.com

Harusnya ibu belajar, tapi ibu seperti biasa ga bisa mikir yawn . Akhirnya belajar query lagi (eh?) dan sibuk baking pada CakePHP, iseng di fb, kepo twitter mencari gosip JCo-Wi (Jokowi) – kans nya menjadi DKI1, dan yang utama adalah menunggui Kaka yang ijin mengurusi kegiatan ekskulnya, Penjelajah Alam Jamadagni. Sudah larut malam belum pulang waiting,  suka seureum bisi ada gang motor straight face.

Beberapa waktu lalu.. ketika Kaka bilang bahwa ekspedisi penjelajahan akan melakukan ekspedisi ke Gunung Masurai, pertanyaan saya adalah: di mana itu? Maklum, geografi ibu cukup buruk nerd. Ibu tahu Jambi, karena ada artis yang menjadi Bupati di salah satu kabupaten di prov. Jambi, meneruskan kekuasaan ayahnya yang mantan gubernur prov. Jambi dan kakeknya sebagai penguasa Jambi. Ibarat kerajaan kecil, seperti masa-masa dahulu kala sebelum masa penjajahan Belanda. (Ih, ibu kebanyakan baca  forum entertainment devil).

Terheran, karena kenapa harus ke Gunung Masurai, kenapa harus jauh-jauh ke Jambi? 110 km dari Kota Bangko, di mana pula itu?
Ide siapa? Apa itu Masurai? Katanya berasal dari kata Emas yang Terurai. Wow..

Ekspedisi ini memang direncanakan oleh mereka para anggota muda angkatan 36 (AM36) ini dan untuk mereka. Dituangkan dalam bentuk proposal dan harus dipresentasikan baik ke para senior, guru, maupun orang tua. Jadi, ide darimana ya harus jauh-jauh melintas ke pulau Sumatera? Emang di pulau Jawa ga kurang gunung? Emang di Jawa Barat ga ada gunung? Eh, Bandung dikelilingi gunung lho hee hee. Kalopun tujuan ekspedisi ini harus menghasilkan “sesuatu” yang mengandung unsur “kebermanfaatan”; tidak sekedar jalan naik dan turun gunung, saya pikir telusuri saja hulu mata air dimana dia mengalir menjadi sungai (Citarum) yang mengalir ke tengah kota Bandung (yang kotor). Dicari, titik manakah kekotoran itu bermula. Diidentifikasi sumber penyebabnya, ditelusuri akar masalahnya, diusulkan solusi penanganannya. Go green !! Eh itu terlalu serius ya? sleepy. Yang jelas, katanya, harus ke gunung yang “belum beken”. hmmfff.. termasuk membuka jalur kah? Ggrrghh.

Ibu tidak keberatan sih ekspedisi kemana saja. Kan sudah menjadi konsekuensi merestui Kaka mengikuti kegiatan JMD ini. Hanya wondering saja, dari mana kata Masurai itu terbersit di benak anak-anak kelas X SMA itu. Kalo googling, saya temukan beberapa artikel tentangnya di kompasiana, lalu diberitakan juga bahwa Mapala UI juga berangkat ke sana awal tahun ini. Demikian juga ada di kaskus. Jangan-jangan, dapat info dari kaskuser ya ho ho. Duh, sepertinya ibu harus main juga ya ke forum (males pisan, Gan), untuk begaol dan kepo. Memang sedikit sekali sih info terkait dengan Masurai. Dari Wikipedia, hanya dinyatakan bahwa:

Gunung Masurai adalah Gunung yang secara Administatif terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang dan secara peruntukan kawasan berada dalam kawasan Hutan Konservasi, yakni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Jadi, sepertinya aman whew!, karena kawasan Taman Nasional. Sepertinya juga indah, kabarnya ada dua danau di puncak gunungnya. Tingginya juga cukup, 2.980 meter. Rutenya juga cukup jelas, sudah ada jalur pendakian dan tunggal. Di sana juga ada Penjelajah Alam, yang menunggui kawasan tersebut. Yah, percayakan saja ya pada Alam. Meski konon masih banyak binatang berkeliaran hehehe.. semoga tidak saling mengganggu ya praying

Yang jelas, banyak cerita mengenainya, ibu belum bisa share di sini sekarang. Foto juga belum ada  yang bisa ibu “curi” don't tell anyone. Kaka kan ga suka difoto. Yang jelas, puji syukur, Alhamdulillah, semuanya lancar. Alhamdulillah, Jmd masih bisa menyatakan zero mistake. Meski lumayan lah, seminggu lebih ibu terbengong-bengong menunggu kabar. Entah lah nanti bagaimana, apakah akan masih ada malam-malam ibu bengong-bengong menunggu kabar dari gunung? Hmmfff.. Yang jelas sih, sepertinya akan selalu ada malam-malam menunggui yang belum sampai rumah. Resiko ibu-ibu kali ya, semoga tabah selalu rock on!.

Ini ada foto, Danau Kumbang dari puncak Gunung Masurai. Cantik ya. : sumber foto []

Puncak 1 Gunung Masurai

2 Responses to “Gunung Masurai, Emas yang Terurai”

  1. jamadagni36 Says:

    tante tolong promosiin webnya jmd36 dong hehehe soalnya blog tante di index google udah di atas terus,
    alamatnya:

    http://jamadagni36.blogspot.com/

    makasih banyak ya tante walaupun websitenya juga blm selesai hehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: