Udang goreng tepung (oat) bukan ala chef Juna

September 24, 2012

baiklah. kita tulis sesuatu yang shallow tapi tidak galau. soal memasak . sebetulnya ini bukan soal remeh temeh. tapi ini juga bukan mentang-mentang ada chef jutex bertato yang menjadi fave ibu-ibu dan mbak-mbak, sekaligus menaikkan rating ketika menangis saat memulangkan salah seorang peserta . itu akting kali ya? ekspresi juteknya juga persis ekspresi pemeran antagonis di berbagai sinetron.

dan ketika saja ybs mengupdate status di fan page nya. satu detik saja saya refresh, ujug-ujug sudah banyak jempol like dan komen; sekedar komen “love u chef juna”, “love u chef”. 

halah. saya tidak tahu

(dan saya ternyata mengikuti si chef ini. judulnya “sebal tapi kepo“).

sutra lah. kali ini saya akan mendokumentasikan resep masakan fave anak-anak, tentu bukan ala chef juna ya. damai, ini mirip udang hoka-hoka bento. ebi fried.

latar belakang

sebagai warga kota bandung yang dipenuhi berbagai wacana kuliner, mudah sekali mendapatkan berbagai masakan; skala 1 – 10, disesuaikan dengan budget. tapi, memasak adalah bentuk persembahan kasih untuk manusia-manusia yang mempercayakan dirinya kepada kita jatuh cinta. anak-anak misalnya.

identifikasi masalah

sayangnya, tumbuh besar apkiran bersama para pasukan pembantu, tidak membuat saya menjadi seorang lady yang pandai ini itu dalam urusan kewanitaan hi..hi..hi. semasa muda, saya tahu cara memasak, tapi tak banyak praktek. maklum, sibuk; banyak kode yang harus dikoding pembohong (boong banget ha ha). masak sekadarnya, nasi goreng mie goreng misalnya. tapi enak koq. tersenyum lebar setara lah sama nasi goreng pak kumis helm (bagi para pelaku kuliner malam seputar dipati ukur, harusnya kenal nama ini. sayang, pak kumis helm koq menghilang ya? diculik alien?).

tujuan

berhubung terkena krismon tahun 1998 menangis, dimana penghematan terbesar bisa dilakukan di pos makanan enak, dan juga karena kaka Rifqi sangat menyukai masakan udang, saya minta diajari oleh teman kecil saya, bu Molly keren, khususnya masakan udang goreng tepung. mirip-mirip dengan udang hoka bento. terima kasih kepada bu Molly, sampai sekarang anak-anak suka masakan ini. salut

metodologi

baiklah, ini persiapannya: 15-30′ (tergantung banyaknya udang)
– siapkan udang berapa ya, 500gram? bebas lah. boleh uang peci boleh yang lain asal ukurannya cukup besar agar overhead waktu membersihkan dan memasaknya tidak sebesar dibanding memakannya bersiul.
– bersihkan udang, kupas kulitnya dan buang kepalanya, sisakan ekornya. belah bagian punggung, bersihkan kotoran yang ada di punggung udang. (suka bikin gatal alergi kalo tidak bersih whew!). beri perasan jeruk lemon, garam, merica. sisihkan.
– siapkan telur 1 buah, beri susu cair plain 1 sendok makan kurang lebih, boleh diberi garam merica bubuk bawang putih kalo suka.
– siapkan tepung terigu, boleh tepung berbumbu atau tepung biasa diberi bubuk garam merica bawang putih (atau bubuk paprika jika mau). saya lebih suka tepung jagung, rasanya halus.
– siapkan tepung roti secukupnya, pilih tepung roti yang panirnya besar-besar. (bukan untuk risoles).

penyelesaian: 15′-30′
– gulingkan udang dalam tepung, pijat2 agar tepung menempel.
– celupkan udang yang sudah dibaluri tepung ke dalam telur, sisihkan satu persatu.
– gulingkan udang yang sudah dicelup ke telur ke dalam tepung panir, pijat sekilas asal tepung menempel.
– diamkan sebentar.
– udang siap digoreng atau dimasukkan wadah kedap/plastik lalu disimpan di freezer untuk sewaktu-waktu tinggal digoreng saja.

catatan:
– sampai sekarang masih wondering, bagaimana masakan udang yang tanpa dikupas terlebih dahulu; kan kotorannya tetap nempel di punggung? tapi tetap enak dan ga bikin gatal. udangnya segar kali ya, jadi ga banyak kotorannya? ato udangnya barusan poo jadi sudah tanpa kotoran? berpikir
– biasanya saya buat agak banyak, sebagian digoreng, sebagian disimpan dibekukan. digoreng sekitar 4-5 potong per porsi. toh udang hoka hoka bento juga hanya 4 potong seporsi (atau 3?). pelit. menunggu.

penyelesaian penggorengan: 10′
– panaskan minyak untuk deep fried (jangan terlalu panas, nanti gosong).
– masukan udang satu persatu sampai terendam, goreng sampai warna kuning keemasan.

sajikan bersama saus tomat, sambel ala bangkok, potongan lettuce, dan thousand island. makan

kontribusi

  1. ini masakan yang enak dan begizi.
  2. penghematan. hitung saja 1 porsi udang hoka-hoka bento di situsnya. banyak sekali penghematan yang bisa dilakukan dengan memasak sendiri ebi fried ini.
  3. belum lagi kebahagiaan anak-anak karena dimasakkan oleh ibunda, juga dilibatkan dalam pengolahan penuh tanda cinta peluk erat. priceless ! mengedipkan mata

novelty

nah. agar nampak sehat, tepung roti saya ganti dengan tepung oat kasar jangan bilang siapapun. dengan cara yang sama. anak-anak tidak saya informasikan bahwa ini menggunakan oat. hasilnya: komentar anak-anak, tidak terasa renyah dan tidak terasa gurih, tepungnya disingkirkan ngambek. barangkali salah cara menggorengnya sih. hihihi. novelty sudah ditemukan, tapi hasil tidak menyenangkan para stakeholder. soooo? boleh lulus ga? ha ha ha pesta. curcol. percobaan pertama, diupload di fb.

udang goreng tepung oat

penutup

so, please enjoy. dan maaf kalo judulnya menyisipkan nama si chef yang satu itu damai.

ps:

  • tampilan: 5 (tidak sempat ditata plus kamera yang butut)
  • cita rasa: 7
  • cinta rasa: 10 cium

3 Responses to “Udang goreng tepung (oat) bukan ala chef Juna”

  1. nengtik Says:

    ua….
    kirana pasti doyaaannn


  2. kirana kayaknya bakal segala doyan hihihi


  3. […] resep abal-abal saya, tentang udang goreng tepung yang dimodifikasi dengan menggantikan tepung roti menjadi oatmeal; dan gagal memikat hati anak-anak, so. sekarang saya carikan resep udang goreng tepung oat yang […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: