Jadwal Kegiatan Harian Anak (2-4thn)

October 2, 2012

Hari ini di rumah saja.. gagal lagi ya, mau sit in di kelas Machine Learning, juga mau les Japan (sudah 2x daftar). semua tinggal lah wacana..menangis Apa boleh buat, kalo Ade sakit, mana bisa dititip di daycare.. bingung

Oh ya, mau menuliskan daftar Daycare sekaligus PG di Bandung (seputar kampus ITB); tapi lupa lagi dimana disimpannya brosur2 itu .waduh! . Sebetulnya, semakin berharap bisa membuatkan sekolah-sekolahan di rumah. sempat berkhayal, itu halaman belakang, dibuatkan playground melamun dilengkapi beberapa kelinci, marmut, dan ayam2, serta burung. juga bak pasir serta area untuk bercocok tanam. Emang, seberapa luas sih halaman belakang ini? hi..hi..hi

Baiklah, saya mulai saja dengan mencontek habis salah satu jadwal kegiatan anak-anak (usia 2-4thn), agar bisa diterapkan di rumah. Perkara diterapkan, gimana nanti ya tersenyum lebar

sumber: http://www.salman-alfarisi.com/PG/index.asp?id=6

Jadwal Kegiatan

  • 08.00-08.30 : Circle Time 1 (Baris,Permainan sesuai tema, Motorik Kasar
  • 08.30 – 09.30 : Circle Time 2(Hafalan Surat & Do’a, Kosa Kata, Tilawati)
  • 09.30 – 10.15 : Istirahat
  • 10.15 : Bersih-bersih
  • 10.30 – 11.45 : Kegiatan Sentra
  • 11.45 : Bersih-bersih
  • 12.00 – 13.00 : Makan siang
  • 13.00 – 13.30 : Gosok gigi & ganti baju tidur
  • 13.30 – 15.30 : Tidur siang (diawali cerita)
  • 15.30 – 15.45 : Bersih-bersih
  • 15.45 – 16.00 : Kudapan sore, do’a pulang
  • 16.00 : Pulang

Lucu banget ya, dalam satu hari, perlu 3x bersih-bersihmenjulurkan lidah . itu ganti baju, artiny ganti baju sampe 3x sehari.

Sementara, sentra itu adalah area-area khusus melakukan aktivitas tertentu. di sekolah tersebut, terdapat beberapa sentra sbb:

  • Sentra Persiapan (Pre-writing, pre-reading, pre-math)
  • Sentra Bahan Alam dan Kreativitas (Simple science, fun cooking, kreativiti class and small motor skills)
  • Sentra Musik dan Olah Tubuh (music and large motor skills)
  • Sentra Balok ( Construktivitas play)
  • Sentra Dinniyah

saya pikir, di rumah minimal ada 4 sentra:

  • ruang atas, tempat sholat dan mengaji, bisa menjadi sentra diniyah.
  • ruang tengah/keluarga, bisa menjadi sentra audio visual eh musik dan olah tubuh.
  • ruang bawah/buku, bisa menjadi sentra persiapan (motorik halus).
  • halaman belakang bisa menjadi sentra motorik kasar.

kurang sentra balok ya? wah, kalo bisa dipraktekan di rumah, seru sekali ya.  tinggal beli piranti2 pendukungnya (hah, tinggal?terkejut).

Soal pendekatan pembelajaran, bisa sebagai berikut (masih contekan juga):

  • Learning by doing
  • Learning by playing
  • Learning by procces

Dari pendekatan tersebut dikembangkan dengan pendekatan-pendekatan lainnya yang disesuaikan dengan kegiatan yang direncanakan, antara lain :

  • Bermain Konstruktif : melatih anak untuk merealisasikan fantasi, imajinasi dan kreativitasnya ke dalam bentuk nyata. Kegiatannya berupa menyusun puzzle, menyusun pola, bermaian balok, bermain plastisin, dan bermain pasir.
  • Dramatic Play : melatih anak untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan melibatkan emosinya. Kegiatan ini berupa gerak dan lagu, bercakap-cakap, pantonim, menari dan drama.
  • Bernyanyi dan Syair : melatih anak untuk dapat mengungkapkan ide dan perasaannya, mendengar syair atau lagu, baik yang dinyanyikan langsung ataupun yang didengar dari kaset. Kegiatannya berupa menyanyi sendiri, koor, membaca puisi dan bermain musik sederhana.
  • Widya Wisata : melatih anak belajar dari suatu tempat yang dikunjungi atau sesuatu yang dilihat. Kegiatannya berupa jalan-jalan di sekitar sekolah dan jalan-jalan keluar lingkungan sekolah (ke peternakan, perkebunan, swah, dan kantor pos).
  • Bercakap-cakap dan Bercerita : melatih konsentrasi anak untuk mengingat setiap kejadian dari isi cerita, menambah kosa kata dan melatih emosi. Kegiatannya berupa bercerita, tanya jawab, menonton video dan membaca buku bergambar.
  • Proyek : menciptakan suatu karya yang dikerjakan dalam waktu jangka panjang atau jangka pendek. Kegiatannya berupa menanam dan memelihara tanaman dan membuat karya seni / maket.
  • Ekpresi Seni : melatih motorik halus, imajinasi dan kreativitas anak. Kegiatannya berupa menggambar, mewarnai, menempel, menggunting, merobek, meronce, melipat, mencap, dan finger painting.
  • Sensori : melatih kepekaan panca indera anak. Kegiatannya berupa meraba, mengecap, mencium bau-bauan, mendengar bunyi-bunyian dan melihat persamaan dan perbedaan.
  • Demontrasi : pengamatan pada sebuah proses pembuatan sesuatu.

Sangat menarikberpikir . bisa dicoba tidak ya? atau mending ibu serius bekerja dan serahkan segala sesuatunya ini kepada pihak yang lebih berkompetenbersiul .. “hanya” membayar spp 850rb lho. *thinking..

2 Responses to “Jadwal Kegiatan Harian Anak (2-4thn)”


  1. I wish I knew the way to say thanks a ton personally
    if I can contact you I might, you aided change my gaming existence.

    I today dont’ think I will spend the maximum amount of doing what I used to do, I may be a little more fashion aware or maybe communicate with more girls but still find out how to balance life a bit.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: