Artificial Immune System: Why? Why NOT?!

May 2, 2013

Hari ini hari ketiga Ade dititipkan di sebuah daycare. Percobaan whew!. Sebuah daycare yang sederhana, dengan pengasuh yang sederhana. Saya tidak keberatan atas semua kesederhaan itu, sederhana itu indah angel. Tetapi karena ada anak yang selalu menangis [katanya anak baru sih], membuat saya kadang kepikiran dan malah ga bisa konsentrasi. Mau rasanya menangis berlebay-lebay ingin bersama Ade broken heart. Tapi dengan prinsip bahwa “ibu tenang, anak pun tenang” berbekal kontak batin [bukan kontak pisik – pake pe, spt pada panta bukan pespa don't tell anyone], maka saya harus tenang juga.. Bismillah ya..

Karena sudah menitipkan, tentu saya merasa bersalah jika waktunya hilang bersamanya saya gunakan dengan browsing ga jelas atau fb [meski tetap saja saya lakukan], fb mah di angkot saja lah; biar ga bete kalo angkotnya ga maju2. Saya mencoba belajar studying, browsing paper penting, resume, buka netbean, weka, atau repast give up. Lalu pusing sick akhirnya mampir ke utube melihat materi2 menarik [sambil tetap melirik 1D video yang berjuta-juta jumlah dan viewernya itu surprise].

3 hari yang saya cari adalah jawaban atas pertanyaan: WHY AIS [AIS =Artificial Immune System]. Iya ya, WHY? tapi kan WHY NOT devil[ha ha ha]. Baiklah, from conceptual framework  to engineering problem, kita belah menjadi dua hal:

Track 1- Computational Immunology, Immune Modelling and Immunoinformatics
Track 2- Immune Inspired Computing, Theory and Engineering Applications

Untuk menjawab pertanyaan why AIS, saya turun dulu ke ranah Engineering Application. Agar tidak melebar, saya batasi persoalan optimasi dan teori seleksi clonal. Namun, tentang distribusi dan paralelnya pun harus dikaitkan. Jadi ada beberapa kelompok paper dari mesin pengindex IEEExplore:

No Paper Conference Publications Journals & Magazines Early Access Articles Total
1 AIS 642 43 4 689
2 AIS dan persoalan optimasi 192 21 2 215
3 AIS dan clonal selection 91 8 2 101
4 AIS dan optimasi dan clonal selection 44 5 2 51
5 AIS dan parallel 38 4 42
6 AIS dan distributed 77 7 84
7 AIS dan persoalan optimasi dan parallel 9 2 11
8 AIS dan persoalan optimasi dan distributed 18 2 20
9 AIS dan clonal selection dan parallel 4 1 5
10 AIS dan clonal selection dan distributed 6 6
11 AIS dan optimasi dan clonal selection dan parallel 3 1 4
12 AIS dan optimasi dan clonal selection dan distributed 3 3

Range waktu dari tahun 1997-2013

Tahun Papers # Groups
2003 28 8
2004 35 10
2005 37 4
2006 34 8
2007 36 7
2008 37 4
2009 30 3
2010 32 4
2011 36 3

Untuk detail, saya akan jabarkan di bebarapa post berikutnya, karena sekarang saatnya menjemput Ade big hug.

Gile ya, browsing doang udah takes time..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: