Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2013/2014

July 3, 2013

Karena pernah menulis tentang PPDB di SMA 3 Bandung, beberapa menanyakan terkait hal tersebut secara pribadi. Syukurlah, kalo blog (yang jarang diupadte dan dikunjungi ini) ada yang membaca dan merasa mendapat informasi. Karena sudah tidak SBI lagi (meski SPP nya Kaka koq tetap SPP SBI ya?), SMAN 3 meniadakan jalur ujuan tertulis mandiri atau SERU3. Sekarang, hanya ada 1 jalur penerimaan, yaitu jalur akademis melalui nilai UN. Saya tidak keberatan dengan penghapusan SBI (meski berharap kalau begitu SPP nya juga bukan SPP SBI dan moga angkatan berikutnya ada penyesuaian SPP) tapi saya menyayangkan penghapusan jalur test mandiri, SERU3. Satu-satunya jalur, yaitu nilai UN, akan sangat riskan untuk anak-anak dari sekolah yang “tidak mendewakan nilai UN_dengan berbagai cara”. Barangkali hal ini akan menjadi pertimbangan strategi tersendiri.

Beberapa hal ternyata menarik. Misal, sebaran hasil Nilai UN SMP sekota Bandung seharusnya bisa dipublikasikan segera, sehingga semua orang bisa melihat seberapa besar peluang masing-masing anak. Ternyata sebaran nilai UN tidak kunjung dipublikasikan sampai dengan pembukaan penerimaan siswa baru Bandung. Awalnya dikatakan hanya beberapa puluh anak yang memeliki nilai UN di atas 37, sekarang berubah menjadi 400-an. Barangkali ini masalah ketidakakuratan data. Kalaupun ada permainan-permainan, mudah-mudahan bisa diungkap dan diselesaikan.

Memang, SMAN 3 bukan segala-galanya. Meski beberapa pendapat menyatakan jika sudah di SMAN 3 Bandung, selangkah lagi menuju ITB. Memang, ITB bukan segala-galanya juga  :D.  Tapi itulah saatnya berstrategi, bukan saatnya mencela-cela opsi. Kecuali untuk anak-anak yang memang sudah bagus dan konsisten kinerja pembelajarannya. Hal ini dikarenakan ITB mengambil 60% mahasiswa melalui jalur SNMPTN undangan, sementara SMAN 3 sendiri meloloskan 95 anak (dari 324 kurang lebih siswanya), dan berdasarkan data; anak-anak jalur undangan ini memperoleh IPK yang baik di tahun pertama mereka di ITB, tidak kalah dari anak-anak jalur tertulis. Memang, hanya data tahun pertama 2011 dan 2012. Belum ada data IPK di program studi masing-masing, kelulusan tepat waktu, IPK akhir dan lain-lain. Pasti ada datanya.

Penglihatan semenentara:
P: anak-anak  SMAN 3 bisa diterima di ITB dengan jalur SNMPTN undangan
Q: anak anak jalur SNMPTN undangan ini berprestasi baik di ITB.

Apakah bisa disimpulkan: anak-anak SMA 3 jalur undangan berprestasi baik di ITB? Silahkan cek materi Matematika Logika🙂

Karena itu, apa boleh buat jika ada strategi bersekolah di sekolah-sekolah yang sudah pada “jalurnya”. Dengan pertimbangan quote siswa luar kota adalah 10% (tahun ini menerima sekitar 29 anak), maka apakah terpaksa memasukkan sekolah SMP di Bandung saja? Sekalian saja dari SD nya :)). Sekalian saja hidup di Bandung seperti saya ini. Memang, sekali lagi, ITB bukan segala-galanya, masih banyak kesempatan mendapatkan ilmu yang baik dan sesuai dengan diri kita masing-masing. Sekali lagi, ini adalah opsi. Saya pribadi sebetulnya ada keinginan dalam hati agar anak-anak saya bisa gogon seperti Agnez Monica, go international (tanpa hoax).

Berikut saya pastekan dari situs SMAN 3 Bandung. Semoga sukses. Info terakhir dari situs PPDB, passing grade SMAN 3 Bandung, tertinggi 38.95, terendah kemarin 22.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
SMA Negeri 3 Bandung
Tahun Pelajaran 2013/2014

A. Jalur Prestasi Non Akademik

Daya tampung : 10% dari 324 siswa = 32 siswa (29 siswa dalam kota, 3 siswa luar kota)

  • Waktu pendaftaran : 17 s.d. 22 Juni 2013
  • Seleksi : 24 dan 25 Juni 2013
  • Pengumuman : 27 Juni 2013
  • Daftar ulang : 28 dan 29 Juni 2013
  • Persyaratan :
  • Surat pengantar dari SMP/MTs asal
  • Bukti prestasi (sertifikat/piagam/medali/piala)
  • Fotocopy Rapor semester I s.d VI dilegalisir
  • SKHUN asli dan fotocopy Ijazah dilegalisir 1 lembar
  • Mengikuti seleksi/uji kompetensi sesuai kompetensi yang dimiliki
  • Rekomendasi dari KONI untuk prestasi bidang olah raga
  • Khusus calon siswa dari ekonomi tidak mampu wajib menyerahkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kecamatan setempat serta fotocopy Kartu Keluarga

Semua berkas persyaratan dimasukkan ke dalam stop map:

  • Warna merah untuk bidang olah raga
  • Warna hijau untuk bidang olimpiade/bina prestasi
  • Warna kuning untuk bidang seni
  • Warna biru untuk jalur tidak mampu

B. Jalur Akademik (SKHUN)

Daya tampung : 292 siswa (263 siswa dalam kota, 29 siswa luar kota)

  • Waktu pendaftaran : 1 s.d. 6 Juli 2013
  • Pengumuman : 8 Juli 2013
  • Daftar ulang : 11 dan 12 Juli 2013
  • Persyaratan :
  • SKHUN asli dan fotocopy 1 lembar dilegalisisr
  • Ijazah fotocopy 1 lembar dilegalisir
  • Berkelakuan baik dan tidak terlibat kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan genk motor yang dinyatakan dalam Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari SMP/MTs asal untuk lulusan 2013, dan untuk lulusan SEBELUM 2013 dari Kepolisian setempat
  • Menyerahkan formulir pendaftaran (F1 dan F2 dari SMP/MTs asal)
  • Berkas persyaratan dimasukkan ke dalam stop map

Kuota dari luar kota maksimal 10% (29 siswa) dengan passing grade minimal sama atau lebih besar dari passing grade Kota Bandung.

34 Responses to “Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2013/2014”

  1. salma annisa Says:

    Kak, mau tanya nih. Kalo SMA-SMA di bandung yang dipercaya dapet jatah SNMPTN jalur undangan itu SMA apa aja ya selain SMAN 3?

  2. Orang DKI Says:

    Sekarang udah 20 variasi soal UN……tenang aja.
    Otak skrg yg main…..sulit Contek MASSAL.
    Soal UN juga akan dipersulit tiap tahunnya 20%

    • pbasari Says:

      masih ada ya contek massal dll itu. kenapa ya, urusan pendidikan saja malah menghalalkan segala cara. jika menemukan hal2 kecurangan di seputar un, ayo laporkan. dukungan akan mengalir, apalagi bantuan sosial media via internet.

  3. Orang DKI Says:

    Jangan percaya ada Bocoran.
    paling juga NYESEL…..NILAI KECIL….bahkan HANCUR Nilai UN nya

    • pbasari Says:

      setuju. ga usah terlalu takut dg nilai UN ya. yg penting itu kejujuran. usaha keras akan membuahkan hasil koq. belajar yg rajin, dicicil dikit2. teratur. ga perlu cari bocoran, apalagi sampai percaya bocoran🙂.

  4. arul Says:

    20 VARIASI SOAL UJIAN NASIONAL kemarin ituuu 2013.
    Soal SULIT di tambah 20%.
    Pantesan pada TURUN nilai UN nya

  5. Zulfikar Says:

    SMAN 2 Bandung. Sekolahnya asyiikkk banget.
    Luas, rimbun, hijau banyak pohonnya.
    Udaranya segar, enak buat belajar. Paling luas juga kayaknya.
    Passing gradenya juga lumayan.
    Waktu OSN 2013 berkesan banget. Sekolahnya bersih, teduh, rindang.

  6. yasmin Says:

    kak mau tanya kalo yang ikut jalur non akademik , untuk jalur prestasi minimal dari tinkat apa?


  7. ka, biar bisa masuk sma 3 bdg nilai rata” un nnya harus brp ya?🙂

  8. yanto bule Says:

    Untuk PPDB 2014 ada Info …

  9. uta Says:

    Bu mau nanya, waktu anak ibu di sman 3 itu kan pake sks, 1 sks 150 ribu. Terus kan 1 semester biasanya ambil 22an sks. Berarti sekitar 3jutan. Nah berarti sebulan sekitar 500 lebih. Nah terus itu tuh sebagai spp atau bayar lagi spp yang 500? Mohon dijawab ya bu masih bingung sama biaya di sana terima kasih.

  10. umi Says:

    Asslm, Wr wb..

    mau tanya anak saya minat ke SMA 3 dr MTs di jakarta,, selain nem persyaratannya apakah untuk domisili juga jd pertimbangan, misal nya hrs pindah Kartu Keluarga.. ? proses dr peserta luar kota sperti apa yaa? Terima kasih

    • pbasari Says:

      wa alaikum salam, maaf saya telat merespon

      untuk calon siswa yang berasal dari luar kota, maka didaftarkan pd kelompok luar kota, dengan jumlah quota 10%. dari data di http://www.ppdbkotabandung.web.id/#/rekapitulasi/SMA, terlihat bawa passing grade dibedakan untuk dalam kota 36.15 sedangkan luar kota 37.95. jika memang direncanakan untuk berskolah di bandung, tdk ada salahnya dari awal sudah menyiapkan kartu keluarga dan domisili yang sewilayah dengan sma 3, misal kost di jalan bali/kalimantan/sumbawa. tetapi data ttg asal sekolah tetap akan dilihat. saya pribadi lebih akan memperjuangkan quota 10% dan passing grade yang yg lebih tinggi tersebut🙂 dibandingkan domisili dll. semoga bisa membantu.


  11. Ka klo sekolah yg kejar paket B bisa ga smanya masuk sma 3 bandung, bisa ga ka.

    • pbasari Says:

      halo dek
      setahu saya masuk sma negeri, termasuk sma 3, mensyaratkan nilai un. kalo yang paket b, ada nilai un?
      dipantai saja terus ya, barangkali ada perubahan2 lagi untuk sistem penerimaan ini🙂

  12. Selsa Says:

    Kaka kaka,gimana sih cara pgn masuk SMAN3 Bandung.aku pngn bgtt masuk SMAN3.hehe

  13. abu Majid Says:

    Ass wrwb.
    Mohon maaf sebelumnya, Ibu pendidik di SMA 3 atauorangtua alumni SMA 3 ?
    Mohon bisa dijawab ke e-mail saya ya.kuatir saya lupa kembali ke blog ini.
    Anak saya di SMP Nurul Fikri Lembang dan ingin masuk SMA 3.
    Pertanyaan :
    – Saya domisili di Kalimantan, anak saya termasuk quota kota bandung atau luar kota ?
    – Pernah dengar Info untuk tahun ajaran 2014/2015 bagi yang hafal qur’an 3 juz bisa mendapat kesempatan masuk SMA 3 meski nilai UN tidak masuk grade ?
    – Di SMA 3 ada terjadi tidak siswa siswa yang “tidak baik” misal tawuran-narkoba-DO karena kenakalan dll

    Demikian dari saya terimakasih banyak sebelumnya

    wassalam

    Abu Majid

  14. Kaifa Fa'ala Rifa Says:

    Hai ka,nama ku Kaifa aku dari Tangerang,tahun depan aku baru lulus dri SMP,aku pengen masuk SMAN 3 BANDUNG lewat jalur prestasi,prestasinya aku aggota polisi cilik angkatan ke 1 untuk Polda Metro Jaya,Kab.Tangerang,dan Polisi Cilik Indonesia,juara 2 untuk sepolda metro jaya,juara 1kostum terbaik sepolda metro jaya [ mendapat 2 sertifikat bisa dibawa pulang,2 piala untuk disimpan di Polresta KabTang ] +tampil depan presiden dan tinggal di Barak TNI,menginap di Hotel Indonesia selama masih ditugaskan ini saat aku kelas 6 SD apa bisa? Di SMP aku juara PASKIBRA bersama teman” ku HARAPAN 3 sePROV.BANTEN [ SERTIFIKAT,PIALA,MENDALI tidak dibagikan karena sekolah tidak bertanggung jawab ] aku bisa mengaji dengan Murottal [ Juara 3 ] ka apa kalo misal nya lewat jalur prestasi segini cukup? Apa sekolah masih menyelksi?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: