Frequently Asked Question (FAQ) Penerimaan Mahasiswa Baru ITB

January 27, 2014

Kalau di sinetron, suka ada adegan petengkaran ketidakcocokan antara ibu dan anak. misal pada CInta Fitri, mamih tidak setuju Farel berhubungan dengan Fitri gadis miskin dari kampung. Di dunia nyata juga demikian, kadang saya bersilangpendapat dengan si Kakak. Tapi bukan tentang urusan percintaan lah, saya percaya pada seleranya yang bagus tentang wanita😉, tapi tentang perkuliahan dan masa depan. Diawali dengan keinginannya tuk bekerja di alam, surveyor. Ibu sudah sedih, kenapa harus kerja jauh di hutan? Ditambah, kenapa harus ngambil jurusan Geologi? dari STEI pun bisa koq kerja di alam. Tapi diskusi berlangsung terus menerus sampai ibu itu ikhlas (hiks hiks), kakak tidak akan memilih STEI ITB dan nanti ingin bekerja di field jauh dari ibu. Baiklah, ibu tinggal mendoakan yang terbaik, ayah tinggal mencari biayanya heheheh..

Yah anak kelas XII sudah tidak bisa diperlalukan lagi sebagaimana anak-anak yang mudah diarahkan, tetapi tidak bisa juga kalau dilepas begitu saja. Anak punya pendirian, tapi kadang (menurut ibu), ada kekurangan-kekurangan dalam hal mengelola informasi yang mengenainya. Baiklah, kita sama-sama mencari tahu berbagai informasi dan kemudian kita simpulkan.

Situs ini bagus sekali, beberapa hal yang ingin ditanyakan, jadi cukup terjawab. http://usm.itb.ac.id/faq.htm. Memang, ini fokus ke ITB saja, tapi semoga bisa mewakili berbagai pertanyaan.

PERTANYAAN : Bagaimana saya bisa menjadi mahasiswa di ITB ?

JAWABAN : Mulai tahun 2011, ITB hanya menggunakan SNMPTN dan SBMPTN untuk melaksanakan seleksi mahasiswa baru program sarjana di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Sebagai informasi, saudara dapat mengunjungi laman http://usm.itb.ac.id/ untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan mahasiswa baru program sarjana ITB tahun 2013 yang lalu.

PERTANYAAN : Bagaimana cara saya mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di ITB ?
JAWABAN : ITB hanya menggunakan SNMPTN dan SBMPTN untuk melaksanakan seleksi mahasiswa baru program sarjana di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Sebagai informasi, silakan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/) atau laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/) untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, termasuk ITB.

PERTANYAAN : Kapan kegiatan pendaftaran calon mahasiswa baru ITB dilaksanakan ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian, jadwal kegiatan penerimaan mahasiswa baru ITB sesuai dengan jadwal pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN pada tahun yang bersangkutan. Sebagai informasi, silakan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/) atau laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/) untuk memperoleh gambaran mengenai jadwal pelaksanaan pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, termasuk ITB.

PERTANYAAN : Selain dari SNMPTN dan SBMPTN, apakah ITB menyelenggarakan ujian saringan masuk mandiri untuk menerima mahasiswa baru program sarjana ?
JAWABAN : Sejak tahun 2011, ITB tidak melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi secara mandiri. ITB hanya menerima mahasiswa baru program sarjana melalui SNMPTN dan SBMPTN.

PERTANYAAN : Apa saja persyaratan untuk menjadi mahasiswa ITB ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian persyaratan untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru ITB yang berlaku adalah persyaratan peserta SNMPTN dan/atau SBMPTN. Sebagai gambaran, informasi mengenai persyaratan peserta SNMPTN 2013 dan SBMPTN 2013 dapat diperoleh di laman resmi SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/) dan laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/). Sedangkan persyaratan calon mahasiswa yang diberlakukan di ITB dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Apakah calon mahasiswa ITB wajib mengikuti Ujian Nasional (UN) SLTA ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian persyaratan untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru ITB yang berlaku adalah persyaratan peserta SNMPTN dan/atau SBMPTN, yang salah satunya adalah telah lulus UN SLTA atau Paket C, dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus Paket C.

PERTANYAAN : Sekolah saya merupakan Sekolah Internasional di wilayah Republik Indonesia, namun tidak mengikuti UN SLTA. Apakah saya bisa menjadi mahasiswa ITB ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian persyaratan untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru ITB yang berlaku adalah persyaratan peserta SNMPTN dan/atau SBMPTN, yang salah satunya adalah telah lulus UN SLTA atau Paket C, dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus Paket C. Sebagai gambaran, informasi mengenai persyaratan peserta SBMPTN 2013 dapat diperoleh di laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/).

PERTANYAAN : Saya merupakan lulusan SLTA di luar wilayah Republik Indonesia dan bukan merupakan lulusan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Dengan demikian, saya tidak mengikuti UN SLTA. Apakah saya bisa menjadi mahasiswa ITB ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian persyaratan untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru ITB yang berlaku adalah persyaratan peserta SNMPTN dan/atau SBMPTN, yang salah satunya adalah telah lulus UN SLTA atau Paket C, dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus Paket C. Khusus bagi lulusan SLTA di luar wilayah Republik Indonesia dan bukan merupakan lulusan Sekolah Indonesia di Luar Negeri, saudara juga dapat menggunakan ijazah dari SLTA saudara yang dilengkapi dengan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah SLTA dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sebagai gambaran, informasi mengenai persyaratan peserta SBMPTN 2013 dapat diperoleh di laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/).

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan kelas Internasional ?
JAWABAN : ITB tidak memiliki kelas Internasional bagi Warga Negara Indonesia atau program-program sejenis seperti yang saudara maksudkan. Informasi selengkapnya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Berapakah biaya pendidikan di ITB ?
JAWABAN : Mulai tahun 2013, ITB menerapkan ketentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa. Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITB (untuk fakultas/sekolah non SBM) adalah sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) per semester. Sedangkan biaya pendidikan untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen adalah sebesar Rp. 20.000.000,- (Dua puluh Juta Rupiah) per semester. Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan bantuan biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Apakah ada uang pangkal bagi mahasiswa baru ITB ?
JAWABAN : Mulai tahun 2013, ITB menerapkan ketentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). ITB tidak memberlakukan kebijakan uang pangkal dalam bentuk apa pun. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Saya merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Apakah saya dapat transfer ke ITB ?
JAWABAN : ITB hanya melakukan seleksi mahasiswa transfer dengan beberapa perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama formal di bidang transfer mahasiswa (dibuktikan dengan MoU). Informasi selengkapnya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Saya merupakan lulusan salah satu program D3 di Indonesia. Apakah saya dapat melanjutkan program S1 ke ITB ?
JAWABAN : ITB tidak memiliki program alih jenjang dari D3 ke S1 atau program-program keprofesian sejenis seperti yang saudara maksudkan di luar program S1, S2, dan S3 reguler. Informasi selengkapnya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan kelas karyawan atau kelas kuliah malam ?
JAWABAN : ITB tidak memiliki program-program keprofesian sejenis seperti yang saudara maksudkan di luar program S1, S2, dan S3 reguler. Informasi selengkapnya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan program D3 ?
JAWABAN : ITB tidak memiliki program-program keprofesian sejenis seperti yang saudara maksudkan di luar program S1, S2, dan S3 reguler. Informasi selengkapnya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

PERTANYAAN : Apakah ada cara untuk menjadi mahasiswa ITB tanpa melalui ujian seleksi ?
JAWABAN : Bila saudara merupakan calon mahasiswa yang akan mengikuti UN pada tahun seleksi yang bersangkutan, silakan memilih ITB pada pelaksanaan SNMPTN. Seleksi mahasiswa baru melalui SNMPTN dilaksanakan dengan menggunakan pola penjaringan prestasi akademis calon mahasiswa di SLTA asalnya, tanpa melaui ujian seleksi. Sebagai informasi pelaksanaan SNMPTN di tahun 2013, silakan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/).

PERTANYAAN : Apa Itu SNMPTN ?
JAWABAN : SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan suatu sistem seleksi mahasiswa baru program sarjana untuk seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia termasuk ITB, yang dilaksanakan secara nasional dengan menggunakan pola penjaringan prestasi akademis calon mahasiswa di SLTA asalnya. Sebagai informasi pelaksanaan SNMPTN di tahun 2013, silakan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/).

PERTANYAAN : Bagaimana pola seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN ?
JAWABAN : SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Pada pelaksanaan SNMPTN, siswa tidak mengikuti ujian. Sebagai informasi pelaksanaan SNMPTN di tahun 2013, silakan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/).

PERTANYAAN : Siapa saja yang boleh menjadi peserta SNMPTN ?
JAWABAN : Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Sebagai informasi pelaksanaan SNMPTN di tahun 2013, silakan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/).

PERTANYAAN : Apa persyaratan sekolah yang boleh mendaftar menjadi peserta SNMPTN ?
JAWABAN : Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri, memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), telah mengisi PDSS, dan terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) pada tahun yang bersangkutan.

PERTANYAAN : Bagaimana cara mengikuti SNMPTN ?
JAWABAN : Untuk mengikuti SNMPTN, terdapat 2 tahap yang harus dilalui, yaitu tahap Pengisian PDSS di laman http://pdss.snmptn.ac.id/ dan tahap Pendaftaran.

PERTANYAAN : Adakah batasan prestasi bagi siswa yang ingin mengikuti SNMPTN ?
JAWABAN : Tidak ada batasan prestasi bagi siswa untuk mengikuti SNMPTN. Pada dasarnya, seluruh siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) SLTA tahun berhak mengikuti SNMPTN, dengan catatan, siswa yang bersangkutan memiliki rekam jejak prestasi akademik di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNMPTN.

PERTANYAAN : Apa Itu SBMPTN ?
JAWABAN : SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan suatu sistem seleksi mahasiswa baru program sarjana untuk seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia termasuk ITB, yang dilaksanakan secara bersama dengan menggunakan pola seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis. Sebagai informasi pelaksanaan SBMPTN di tahun 2013, silakan mengunjungi laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/).

PERTANYAAN : Bagaimana pola seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN ?
JAWABAN : SBMPTN merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Ujian tertulis SBMPTN dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut. Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya. Sebagai informasi pelaksanaan SBMPTN di tahun 2013, silakan mengunjungi laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/).

PERTANYAAN : Siapa saja yang boleh menjadi peserta SBMPTN ?
JAWABAN : Peserta SBMPTN harus lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dengan 3 tahun terakhir dan telah memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun berjalan sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah. Peserta yang bersangkutan juga harus memenuhi persyaratan yang berlaku di program studi tujuannya. Sebagai informasi pelaksanaan SBMPTN di tahun 2013, silakan mengunjungi laman resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id/).

PERTANYAAN : Bisakah warga negara selain Indonesia menjadi mahasiswa program sarjana ITB ?
JAWABAN : Bisa. Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITB berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/smi-1.htm.

PERTANYAAN : Bagaimana dengan biaya perkuliahan bagi mahasiswa asing di ITB ?
JAWABAN : Informasi mengenai biaya perkuliahan bagi mahasiswa baru ITB berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/smi-5.htm.

PERTANYAAN : Adakah beasiswa bagi mahasiswa asing di ITB ?
JAWABAN : ITB tidak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berkewarganegaraan asing. Informasi mengenai biaya perkuliahan bagi mahasiswa baru ITB berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/smi-5.htm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: