Mr. & Mrs. Clean Laundry & Dry Clean

May 25, 2014

Itulah adalah nama laundry.

Ada empat cabang di Bandung. Salah satunya, tempat saya menitipkan pakaian-pakaian untuk dicuci, karena saya tidak akan sempat melakukannya. Sayangnya, sudah beberapa kali kejadian, packing mereka sangat tidak teliti. Baju orang lain masuk ke saya, pakaian saya tidak ada. Kami kembalikan pakaian yang bukan milik kami, tapi pakaian kami tidak kembali. Beberapa kejadian awal, saya maklumi karena itu juga keteledoran kami tidak segera menyadari, sementara komplen katanya harus maksimal 1×24 jam setelah pengambilan pakaian. Tapi kemarin itu sungguh keterlaluan, pegawai hanya menyatakan “tidak tahu” “tidak mungkin tertinggal” (heh, koq bisa bilang tidak mungkin) “ibu cek lagi, ibu cek lagi” “di sini banyak bu, bingung” (ya eya lah, udah konsekuensi). Astaga, jelas-jelas ada pakaian orang lain masuk ke kami, dan pakaian kami tidak ada, tapi bilang tidak tahu apa2 dan menyalahkan konsumen (disuruh cek lagi).

Ternyata, mereka hanya menghitung jumlah pakaian saja, asal jumlah cocok ya sudah. Berarti, ada pencampuran ketika packing/strika.

Mungkin kejadian kecil, tapi sungguh menjengkelkan. Bisnis laundry memang menjamur di Bandung. Seorang rekan malah punya waralaba merk laundry-nya. Berapa coba harga waralabanya? 100jt!! Ternyata modalnya mahal juga, dan dari hitungan yang dijanjikan, balik modalnya cukup cepat dan lumayan menguntungkan. Beberapa kali saya tertarik untuk membaca proposal penawaran waralaba tersebut. Tapi setelah merasakan sendiri cuci mencuci di berbagai laundry, ternyata pada konsumen tidak cukup dilindungi.

Misalnya: tertulis disclaimer: tidak bertanggung jawab atas kerusakan pakaian. Dan tidak ada sama sekali pembahasan tentang pakaian yang hilang heheheh.. atau “baju yang tertukar” (kayak sinetron aja).

Tidak ada perlindungan konsumen. Sebagai konsumen yang pernah dirugikan bisnis tersebut, tentu saya tidak berani membuka bisnis laundry😀. Untuk apa berbisnis rupiah menggiurkan kalo sebetulnya mendzolimi? Eh yang namanya bisnis kan memang harus kejam ya hahaha.. 

SIlahkan saja bagi peminat. Saya ga kebayang untuk detail2 komplen dari pelanggannya hehehehe.. Juga kekesalan para pelanggan (termasuk saya).

*masih bete: kerudung kesayangan, pakaian si teteh kembaran si ade, pakaian dalam BARU!

Yah beginilah nasib yang tidak memiliki asisten rumah tangga. Mengandalkan bisnis-bisnis bantuan semaksimal mungkin. Misal laundry, belanja ikan yang bonus dimasak, dll. Punya asisten rumah tangga juga memang tidak akan lepas dari berbagai persoalan, tidak punya asisten rumah tangga juga sama saja akan ada banyak persoalan. Begitulah hidup, thread-off🙂. Tapi untuk sebuah bisnis, ya ga boleh merugikan konsumen dong. (Bisnis) laundry yang aneh..

 

One Response to “Mr. & Mrs. Clean Laundry & Dry Clean”

  1. Nila Says:

    Maaf sebelum nya londry Mr&Mrs Clean emg tidak teliti pengalaman yg sangat jelek bagi ku,. Londry an ku bisa hilang 1 kiloan, bener2 mengecewakan 1 helay celana jeans logo,. 1 kemeja putih Bangkok, dres Zara sm kaos GAP , heran bj aku yg hilang baju yg mahal2 saja tp benar juga ya,. Bj yg murah mana mungkin di ambil,. Tolong ya bapak Menejer londry Mr & Mrs Clean di pertangung jawab kan. Jangan sekedar saran2 doang,. Tanks semoga lebih teliti lagi dan jagan memperkerjakan karyawan yg suka keteledoran atw yang bertangan panjang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: