Bandung Smart City Council

May 26, 2014

Sore tadi, ada pesan di WA di grup dosen IF Unpas, tentang undangan di Hotel Panghegar dari Walikota Bandung. Terkait Bandung Smart City Council. Undangan ditujukan untuk Aptikom Jawa Barat di mana Unpas sebagai pengurus, terutama Pak Rektor sebagai Ketua Aptikom Jabar. Saya pun tertarik untuk turut menghadirinya. Setelah beberapa gaung smart city saya dengar, baru kali ini saya menyempatkan diri untuk menyimak. — Betul-betul distracted  dari keistiqomahan saya dalam mengurusi studi dan riset studying, tapi boleh lah tuk malam ini.. Saya betul-betul galau at wits' endterkait SNMPTN dan SBMPTN dan seputarnya (sementara sang boga lalakon sih tampak cool cool saja, saya yang ga bisa tidur sampai sekarang !)

Kembali ke BSCC, sedikit terheran kenapa ada undangan confused. Apa Emil yang turut mengundang karena kami pernah mengundangnya di acara Aptikom (meski batal hadir). Tapi rupanya pak Ilham Habibie yang menyambungan Aptikom Jawa Barat dengan acara ini, Alhamdulillah. Sebagai Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional (DetikNas) Pak Ilham memang kami undang di acara Aptikom Jabar 22 Mei lalu, beliau menyempatkan hadir, meski rusuh, semangat menerima pertanyaan dan mau saja berfoto (tuk tuk, siapa hayooo yang minta foto thinking). Sejak melihat beliau di acara Teknik Informatika di ITB, saya mensegani beliau. Betul-betul rendah hati, mirip sekali dengan ayahandanya yang fave saya selalu angel.

Kembali ke BSCC lagi, di sana terundang pihak-pihak terkait Bandung, istilah Emil sih, “orang-orang yang mencintai Bandung” (cung, ngacung. saya juga atuh ya?). Dari Aptikom Jabar, hadir rekan-rekan aktif, termasuk juga pak Rektor Unpas selaku Ketua Aptikom Jabar. Dari pihak terkait, ada para SKPD. Hadir pula pak Tjahyana, prof. Suhono dari ITB, bapak Indra Utoyo, juga ketua Kadin Bandung. Acara tersebut merupakan pertemuan awal terkait pembentukan BSCC itu sendiri. Wah acara serius, dan saya seperti hadir sebagai apa ya namanya hahaha.. poci-poci devil? Gak apa-apa lah, sesuai janji diri tuk membantu Bandung, sekecil apapun peran saya nerd.

Acara diawali dengan paparan dari Walikota Bandung tentang presepsi dan harapan beliau tentang Smart City ini juga tentang progress pemanfaatan IT tuk Kota Bandung. Beliau menceritakan sumbangan 4 aplikasi dari mahasiswa ITB (tugas-tugas kuliah), seperti pemantauan penggunaan twitter dari para SKPD. Pak wali dapat memantau, mana yg responnya cepat, mana yang responnya kurang dll. itu tugas kuliah, sudah cukup bermanfaat ya thumbs uphebat. Lalu dipaparkan akan mimpi adanya Command Center, ibarat di film Star Trek (aduh aku bulan Trekkies nih it wasn't me). Selanjutnya tentang technopolis di Bandung yang akan diwujudkan di seputaran Bandung Timur, tentu tanpa mengabaikan hal penting lainnya, seperti kenyamanan publik di Kota Bandung  dan program-program lain.

Selanjutnya paparan dari pak Ilham, tentang pembentukan struktur BSCC ini, stakeholder terkait: ABG (Academy, Business, Gov). Pak Tjahyana menjelaskan tentang filosofis Smart City: Tranparansi, Komunikasi, dan Efektivitas. Sementara prof. Suhono menjelaskan tentang definisi, juga maturity dari Smart City: mulai dari ad hoc sampai dengan optimized, juga bagaimana model bisnis dari sebuah smart city. Topik terkait, bisa diikuti lebih lanjut di seminar beliau http://eii-forum.or.id/. Beberapa pembicara lain memaparkan, termasuk perwakilan dari BizNet menjelaskan tentang kesiapannya mensupport bagian infrastuktur.

Singkatnya, pak wali berharap ini adalah awal dari BSCC yang segera bisa menghasilkan blue print tentang Smart City di Bandung. Cukup menarik juga ya day dreaming. Pertemuan ditutup dengan sedikit ramah tamah, pertemuan berikutnya akan disiapkan. Semoga saya berkesempatan bisa hadir kembali wave. Oh ya pesan dari Emil, kalo ada tugas mahasiswa berupa aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh SKPD, silahkan disampaikan. Great !

Berikut, foto bersama-sama batting eyelashes as usual, The A Team, alias mantan anak 1A SMA3 90 tapi beda ranking big grin hehehehehe.. Pak Solikin dari Aptikom turut serta berfoto.

Image

 

 

Juga bersama pak Ilham Habibie dan rekan-rekan Aptikom  Jabar thumbs up

Image

Alhamdulillah, refreshing yang cukup menyenangkan (padahal saya ga sempat icip-icip  makanan hotel d'oh). *Tks tuk mas yang sudah mengantar, menemani, dan memfoto. Luv u love struck.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: