20 tahun!

February 29, 2016

“Mah, tahu lagu ini?”
Ya tahu dong, Kak 😘
Kebahagiaan tersendiri, ketika sedang bersama-sama lalu terdengar lantunan lagu, refleks kita bersenandung bersama. Gak janjian 🎢🎢 .

I love you, nak. Sungguh. Ibu kangen πŸ’ž.

Tadi pagi kaka menyapa di Line, thanks God, lineku sudah bisa login lagi.
Bilang mau UTS, minta doa. Singkat saja. Persis seperti saya, jika ada hal-hal penting, pasti minta doa mamah (sekarang mamah udah ga ada #pilu 😒😒 ).

Aneh rasanya, memiliki anak sudah dewasa begini. 20 tahun 😱😱! Then I feel sooooo old. Seorang teman mengatakan dia tidak percaya saya memiliki putra berusia 20th. You look young 😘, ceunah. Nope. I’m old. And I feel soooooo old 😌. Dan saya tidak akan denial akan ketuaan saya, termasuk juga melakukan treatment2 macam laser yang dilakukan teman saya (yang lain) atas desakan istrinya (istrinya so sweet banget ya btw 😚). Meski saya directioner hard core tapi saya tetap tua!

Susah untuk tidak sentimentil jika mengingat semua perjalanan bersama kakak. Banyak rasa bersalah. Sometimes aku pikir, I am a bad mom, very very bad πŸ˜”. Misal, siapakah yang memperkenalkan game kepada anaknya, sehingga sekarang dia tidak bisa lepas dari game? Mom. Dengan dalih, saya harus kerja dan mengerjakan tugas dan tesis saya. Agar anak tenang, berikan game. #wrong!

Misal, siapakah yang memperkenalkan anger dan feeling so guilty. Mom. atas segala carut marut kehidupan, saya yang salah dan harus dipesalahkan. Tapi jika rasa bersalah itu terus dipelihara, rasa itu akan terserap dengan sendirinya oleh anak yang pandai menyerap dari seluruh lingkungannya, apalagi dari ibunya. Anak itu ibarat spons, you know? Jangan beri mereka atmosfir negatif sedikit pun. Moms, please release, please be happy. Sehatkan mentalmu, anak-anak memerlukan itu.

Lalu. Misal, siapakah yang mendewakan “character is more” sehingga nyaris mengabaikan academic responibilites? Mom. Ini karena ibu kebanyakan baca parenting2 setengah2 di tengah berbagai kecemasan dan kesibukan dengan berbagai hal ini itu. *Yang sebetulnya tidak penting, tidak sepenting dengan perkembangan kebahagiaan anak-anakmu.

Tapi memang ga mudah sih untuk “cuek” dengan studi doktoral plus mengasuh a baby dan mikirin biaya-biaya; cemas kalo tidak bisa disebut depresi hahaha.. eh.

Lalu bagaimana harus membetulkan nya semua ini. Fase 7 tahun pertama, 7 tahun kedua sudah berlalu, sekarang sudah hampir habis 7 tahun ketiga. Sudahkan saya menyiapkan segala sesuatunya agar dia lepas landas menuju penghidupannya?

Then selain feeel so old, am feel soooo bad 😐😐.

Lalu, apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki segala sesuatunya ini?

Seorang teman (teman yang lain, yang bukan mengatakan saya look young dan bukan teman yang dilaser ya; teman saya banyak juga ya btw. lebih dari 2) mengatakan kita tidak bisa melakukan apa-apa terhadap apa yang sudah berlalu. Tinggal banyak-banyak meminta maaf, istigfar, dan banyak-banyak berdoa.

Bijak juga ya teman saya ini. Hebat juga ya saya, punya teman bijak πŸ˜‡.
Lagian. Tidak ada yang salah dan kurang dari anak-anak. Semua sehat, bahagia, manis-manis, banyak tertawa, dan nyaman dengan diri mereka. Plus senang leyeh-leyeh persis seperti saya 😎

Baiklah, saya harus mengikhlaskan semuanya, tidak bersedih, banyak bersyukur, dan banyak berdoa. Allah Maha Baik, sungguh πŸ’žπŸ’ž.

Ibu kangen. Doa ibu selalu untuk kakak di usia kakak yang ke-20 ini. Teriring lagu untuk mengingat kaka selalu. Fight Song! (diputar untuk kesekian kian kalinya)

This is my fight song
Take back my life song
Prove I’m alright song
My power’s turned on
Starting right now I’ll be strong
I’ll play my fight song
And I don’t really care if nobody else believes
‘Cause I’ve still got a lot of fight left in me

Leave a Reply

