Profesor saya; Armein Z R Langi

March 2, 2016

Selamat Prof. Armein!12792265_1114023525327353_7478376148264181582_o.jpg

Kemarin saya mendapatkan foto ini. Wah, rupanya pak Armein telah menjadi rektor di Maranatha ๐Ÿ‘๐Ÿ‘. Pak Armein ini dosen Elektro ITB; tetapi ketika Elektro dan Informatika (STEI) bersatu; pak Armein juga menjadiย  dosen saya. Pak Armein lah yang menguji saya di pra sidang dan sidang doktoral saya.

Sebetulnya saya telah โ€œmengenalโ€ pak Armein dari blognya. Saya senang tulisannya, rajin komentar, dan banyak belajar darinya. Ada satu tulisan yang sangat mengesankan; tentang โ€œapalah artinya kita mempetahankan sikap/pendapat jika sampai melukai persahabatan (dan membuatnya jatuh sakit)โ€œ. Kebetulan saya paham konteks tulisannya, kebetulan saya sedang menengok “seseorang yang jadi sakit tersebut” ketika bapak mempostkan tulisannya. Sungguh, buat saya, bapak sangat rendah hati dan baik hati .๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ (PS: Tulisan enggak ketemu ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ).

Teringat pak Armein, tentu saja teringat perjalanan studi saya. Sebetulnya studi lanjut doktoral itu sudah jelas panduannya:

  • Punya preliminary research; โ˜‘๏ธ
  • Tetapkan research question; โ˜‘๏ธ
  • Cari penelitian terkait, buat state-of-the-art; โ˜‘๏ธ
  • Cari (peluang) novelty; โ˜‘๏ธ
  • Tetapkan kontribusi; โ˜‘๏ธ
  • Buat proposal, lakukan ujian proposal; โ˜‘๏ธ
  • Residensi, siapkan seminar progres 1, 2, 3, 4 dan โ˜‘๏ธ
  • Buat plus ikuti berbagai publikasi ilmiah; โ˜‘๏ธ

Sudah. Tinggal pra sidang, sidang tertutup, sidang terbuka. Sediakan waktu untuk mengerjakannya kurang lebih 5-6jam/minggu untuk 1 sks yang ditempuh. Jika mengambil 12 sks, berarti slotkan 60-72 jam/minggu. Simple kan?

Masalahnya ternyata tidak sesederhana itu. Jika kamu:

  • Mendadak hamil dengan gangguan hipermeresis (ringan sih); ๐Ÿ˜ฅ
  • Melahirkan dengan riwayat tak ada kontraksi, induksi, keracunan ketuban, bayi kuning dan segala sentimentil motherhood (tapi saya ga baby blues loh); ๐Ÿ˜ข
  • Promotor yang mengundurkan diri, co-promotor yang (duh Gusti ya Allah ampuni saya), meninggal dunia; ketika batas studi tahap I / seminar proposal tingal 6 bulan lagi; ๐Ÿ˜ฐ
  • Topik yang saya tidak miliki penelitian awalnya; ๐Ÿ˜ฒ
  • Topik yang saya ga passion dan saya bertekat ganti topik!; ๐Ÿ˜ฑ
  • Kerjaan yang menanti untuk diselesaikan karena sudah ada komitmen dengan berbagai pihak; ๐Ÿ˜จ
  • Oh ya bonus: pendarahan dan keguguran 2x. ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

Maka, buat saya tidak mudah menyelesaikan studi ini. Ketika berbagai kebaikhatian semesta dan semua pihak (pasti karena doa mamah. Mamah I miss you sooooo muchย ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ ); saya akhirnya bisa menyelesaikan studi ini. Terima kasih juga kepada Ngopi Doeloe, tempat residensi saya yang kedua โ˜•โ˜•. Ya, pagi siapin sarapan dll, antar anak bersama mas, masuk ruang residensi; sore menunggu mas antarkan anak-anak pulang, anak-anak dititip uwa, lalu mas menjemput saya untuk meneruskan pekerjaan sampai dengan cafรฉ ditutup oleh lagu โ€œkamu harus pulangโ€ milik slank. Day by day.

Maka, ketika kita sampai di penghujung perjuangan dengan seluruh keringat, air mata, dan darah (literally) ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข;ย  alangkah sejuknya hati ini ketika pak Armein membuka sesi pertanyaan sidang dengan sebuah pujianย ๐Ÿ’ž๐Ÿ’ž . Hati yang cupu ini, seolah mendapat sinar mentari yang sangat cerah ๐ŸŒป๐ŸŒป. Hati terasa hangat. Sebaik itu kah saya? Am i? Am i? ๐Ÿ’›๐Ÿ’›

Alhamdulillah, terima kasih. ๐Ÿ’›๐Ÿ’›

Apalagi ketika saya pra sidang dan sidang itu, sebetunya saya sedang mengandung. Saya pun berbisik, Nak.. belum lahir saja kamu sudah sidang bersama orang hebat! Am so proud of you (then seminggu kemudian saya teler di meja kuretase ๐Ÿ˜“๐Ÿ˜“).

Itulah. Dua hal yang selalu saya ingat dari pak Armein: kerendahan hati dan sangat menyemangati. Sangat menyejukkan. Dan akan saya terapkan di seluruh aspek kehidupan saya. Insya Allah โ˜บ๏ธ.

Sekali lagi terima kasih pak Armein, selamat meneruskan kehidupan di tempat baru. Semoga Bapak selalu mendapat limpahan kasih Nya. GBUย ๐Ÿ™๐Ÿ™ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: