Pedoman Standard Biaya Langsung Personil

March 14, 2016

Pagi ini muram.

Ini gara-gara ngobrol ama temen soal standar biaya langsung personil ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„. Salah sendiri, pagi-pagi ngomongin duit, wew. Eh ini bukan soal gaji sebagai dosen ya; kalo soal itu kan sulit untuk dibahas. Pokoknya susah aja. Ini soal development software, biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk pekerjaan sebuah pembangunan software. Kadang, harga software itu bisa sedemikian murahnya. Kadang, sebegitu mahalnya ๐Ÿ™ˆ. Saya ga rela,ย  anak-anak yang saya ajari susah payah sebagai pengembang dengan berbagai teknologi terkini; nanti dia dimanfaatkan pasar karena tidak tahu harga. Begitu saya ceritakan rate saya; teman saya bilang: “elo tahuuu yang dimanfaatin pasar hahahaha.. “. duh gue. bego. Perbedaan kasta begitu nyata! Saya ternyata kurang piknik ke pasar ๐Ÿ˜Ž

Harusnya ada standar bappenas yang diacu, yang kata temen saya itu masih terlalu rendah juga. kasian ya kita ini, engineer yang tak terlindungi. Kita? Eloooo kali hahaha. Sigh. Jadi. Siapakah yang memperjuang rate ini ketika masih banyak yang main bantng harga ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† atau bego seperti saya ๐Ÿ™ˆ.

Pagi ini, saya googling tentang rate. Dapatlah standar inkindo Ok. memang tidak bisa diacu sih.ย  Bahkan 30% nya pun saya lihat tidak masuk ya? Dokumen ratenya bisa diperoleh di sini: billing_rate_2014_inkindo. Sementara ini contoh screen capturenya:

standar rate inkindo

Bacanya gimana sih. Saya doktor baru satu tahun; tapi pengalaman kerja 20 tahun. Jadi rate saya jadi yang mana?

Tapi melihat deretan rupiah ini selalu membuat saya tidak antusias. (Sanering dong!!).ย  Emangnya itu bisa buat nuker nyawa? Mungkin dengan deretan digit ini bisa mencetak amalan-amalan yang nanti bisa dibawa mati, kali ya? Kali.

Jadi. Tidak perlu muram lagi kan soal rezeki. Saya muram karena bego aja hahahaha..

Satu hal lagi. Kepada para konsultan yang sering menggunakan nama saya, ijin atau tanpa ijin. Sepertinya enough is enough. Kecuali kaloย  bisa bayar saya sesuai rate ๐Ÿ˜Ž

 

Leave a Reply

