WOW Keren! Tim Teknik Informatika UNPAS Menjuarai Cybersecurity Challenge 2017

March 27, 2017

Keren! Sebuah kata yang mendefinisikan mahasiswa TIF UNPAS ini. Pasalnya mereka telah menjuarai sebuah perlombaan/kompetisi Cyber Security yang diadakan oleh Cyber Lab Forensics ( http://www.cyberlab-aoh.com/ ) Bandung pada hari minggu, 19 Maret 2017 di Gedung Sasana Budaya Ganesha atau yang lebih dikenal dengan Gedung Sabuga. Tidak Tanggung, Tim dari Teknik Informatika UNPAS ini memboyong 2 piala sekaligus Piala Juara 1 dan Juara 2, keren banget kan?

allteam

Ada 2 Tim dari TIF UNPAS yang mengikuti perlombaan ini, masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Tim Silicium terdiri dari ; Saeful Abdul Hamied, Yuda Maulana (Menggantikan Ridwan Fauzan) dan Dwi Angga Gumelar yang mendapat Juara 1. Kemudian Tim Aurum, terdiri dari; Wenda Fajar, Muhammad Ilham Firdaus dan Pernandi Imanuddin yang mendapat Juara 2. Lomba berskala Nasional ini diikuti oleh mahasiswa dari beberapa Universitas Ternama di Kabupaten dan Kota – di Indonesia, sebut saja Palembang, Solo, Jakarta Cirebon, Bali dan Bandung. Namun dikarenakan lokasi lombanya digelar di Bandung, mayoritas pesertanya pun dari Jawa Barat.

Awalnya hanya 1 tim dari TIF UNPAS yang lolos yaitu Tim Silicium dengan perolehan nilai 402, namun karena ada tim lain yang mengundurkan diri maka tim Aurum pun lolos menjadi finalis dengan perolehan nilai  399.

tim1

Tim Silicium Juara 1 Cyber Security Challenge 2017

tim2

Tim Aurum Juara 2 Cyber Security Challenge 2017

Nama Silicium diambil dari bahasa Prancis yang berarti Silikon dan Aurum yang merupakan sebuah unsur kimia. Nama tersebut diberikan oleh pembimbing mereka yaitu Bapak Doddy Ferdiansyah ST., MT (Ketua Grup Riset ITI – IS Prodi Teknik Informatika UNPAS).

Grup Riset ini merupakan kelompok-kelompok riset yang diketuai oleh seorang dosen dan beranggotakan dari kalangan dosen itu sendiri juga melibatkan mahasiswa. Grup ini selain mengawal content mata kuliah dan praktikum, juga melibatkan mahasiswa dalam riset dan berbagai lomba. Keberadaan grup riset ini tidak lepas dari kurikulum baru di Teknik Informatika Unpas yang sudah berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sehingga proses pembelajaran di Teknik Informatika Unpas akan mengacu kepada capaian setiap lulusannya. Teknik Informatika Unpas, yang berdiri di tahun 1993 ini, semangat berbenah diri agar dapat meningkatkan akreditasinya dari B menjadi A. Menurut Ketua program studi Teknik Informatika, ibu Dr. Ayi Purbasari, ST., MT., salah satu butir yang harus ditingkatkan adalah prestasi dan kegiatan mahasiswa. Karena itu, prodi mendukung penuh mahasiswa untuk mengikuti berbagai ajang lomba. Semangat ini tidak lepas dari dukungan seluruh komponen institusi, baik dari Dekan Fakultas Teknik, Bapak  Dr. Ir. Yudi Garnida. MS., maupun dari Bapak Rektor langsung Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom. Hal ini selaras dengan semangat Universitas Pasundan yang telah berdiri dari tahun 19960 dan memiliki 7 fakultas serta program pasca sarjana dan doktor, agar selalu menyajikan yang terbaik untuk setiap stakeholdernya, terutama mahasiswa dan masyarakat pengguna lulusan.

WhatsApp Image 2017-03-22 at 17.35.01(1)

Perwakilan Tim Mempersembahkan Tropi untuk Prodi Teknik Informatika

WhatsApp Image 2017-03-22 at 17.35.01

Tim Bersama Ketua Program Studi dan Koordinator Mahasiswa

Selain hardskill, Unpas juga membekali mahasiswa dengan softskill dalam latihan mental dengan membuka seluas-luasnya kesempatan mahasiswa dalam mengikuti berbagai kompetisi. Tidak harus selalu menjadi juara, tetapi mengikuti proses adalah pembelajaran tersendiri. Mahasiswa dibekali dengan berbagai sarana belajar agar terarah dalam mengembangkan minat dan bakatnya.  TIF UNPAS mempunyai sarana belajar berupa study club yang diasuh oleh setiap Grup Riset. Ada 5 Grup Riset di TIF, yaitu Prologic yang membawahi pemrograman, termasuk juga  pemrograman berbasasis IoT (Internet of things); grup riset GGK khusus di bidang game dan graphic, terdapat juga grup riset Techno tertang technopreneurship, serta grup riset INSIO tentang Sisten Informasi, termasuk juga pengolahan data dan big data. Bidang jaringan dan keamanan (security) diasuh grup riset IT IS dengan study club bernama CNRG (Computer Network Research Group) yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa TIF UNPAS. Hasil asuhan ini ditunjukkan dengan kedua tim yang memperoleh juara 1 dan 2 di lomba Cybersecurity. Sekali lagi, selamat! Inilah contoh mahasiswa yang selalu bersemangat, memiliki modal harskill dan softskill. Jika mahasiswa lain mau seperti akang-akang tadi? Silahkan ikuti study club yang ada di Teknik Informatika UNPAS. You’re all most welcomed😇

team_all

info@if.unpas.ac.id ·  022 – 2019371 https://if.unpas.ac.id

https://if.unpas.ac.id/berita/wow-keren-tim-teknik-informatika-unpas-menjuarai-cybersecurity-challenge-2017/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: