Resep Ayam Pepsi Cola

June 10, 2013

Feeling soooooo.. depressedfrustated
Tapi ah sudah lah, berbagi depresi dan frustasi tidak akan berguna, meski berbagi tawa pun kadang disangka cuman bisa haha hihi soooo shallow. Whatever. Barangkali yang penting adalah bagaimana berdamai dengan diri ini, so simple: c’est la vie, life goes on, we’re nothing but human, al insyirah 6-7 dll. So, seperti biasa, mari berbagi hal-hal “penting tidak penting” seperti resep berikut ini saja.

Berhubung daging masih saja mahal, sementara ikan-ikan saya masih ga suka bau-bau amis ke mana-mana (kemarin bikin cumi tepung, baunya masih tercium secara virtual sampai detik ini), maka saya banyak memasak ayam-ayaman saja. Itu pun kadang, tergantung situasi. Bosan ayam kecap dan ayam goreng, gule dan opor ayam kurang laku, ayam rica2 lupa resepnya, ayam woku yang makan cuman yang dewasa, ayam spicy ga nemu resep pas karena kalah set dengan frozen dari fiesta (nyebut merek, agar dapat gratisan, *ngarep), maka berbahagialan saya menemukan resep ayam cola kembali. Resep ayam cola ini pernah saya tulis di blog multiply yang sudah rest in peace . Dan dulu rasanya tidak begitu mantap, mungkin karena tidak pede juga. Resep yang ini lebih banyak ragam bumbunya, mudah-mudahan enak. Dan resep ini saya ambil dari blog teh Connie, dengan beberapa penyesuaian sesuai bahan yang ada di kulkas. Terima kasih resepnya teh

Saya copy kan resepnya:
Ayam Cola:
1 kg ayam kucuri 1 butir jeruk nipis, <– saya gunakan 1 ekor ayam boiler biasa, agak langsing mungkin dulunya banyak diet. tidak ada jeruk nipis, jadi gunakan jeruk lemon 1/2 buah.
1 btl Coca Cola 300 ml, <– mas belinya pepsi cola, okeee. lebih suka pepsi daripada coca cola (nyebut merek lagi). saya takar 300 ml dan sisakan 2-3 teguk untuk diminum sendiri.
1 sdm saus tiram,
1 sdm kecap manis,
4 bwg putih cincang,
½ sdt minyak wijen, <– ga ada, jadi pake minyak biasa
3 cm jahe, <– saya potong korek api, ga digeprek dulu agar rasanya tidak strong.
2 sdm madu,
¾ sdm garam,
3 sdm saus tomat,
½ sdt merica,
10 tomat ceri. <– ga ada, jadi pake tomat biasa saja dipotong2 jadi 10 slices.

Oh ya bisa ditambah cengek agar pedas mantap, tapi karena buat anak-anak, saya ga pake, hanya diberi merica hitam saja sebagai default masakan saya.

Ungkep semua bahan hingga cairan habis. Panggang dalam oven atau di atas wajan hingga kulit kecoklatan.
<– hati2 overcook, gunakan api sedang. *demikian pesan chef marinka.

Gampang pisan yah. Begini hasilnya:

ayam cola
Maaf fotonya butut . Belum les food photography ke Jerry Aurum sih.

Meski menurut Rifqa, mirip ayam kecap biasa, tapi rasanya jauh lebih enak. Pepsi gitu lho. Bumbunya meresap sampai ke dagingnya, apalagi jika ayamnya langsing dan potongannya kecil. Empuk. Kuahnya juga enak, jadi tidak perlu dipanggang lagi juga tidak apa-apa. Agak terlalu manis, apa tadi kurang garam, atau menyedot manis-manis yang tersisa dari diri saya.. *Pantes tampilan saya tampak tambah bluek

So. Please, enjoyyy.. dijamin, anak-anak akan suka

2 Responses to “Resep Ayam Pepsi Cola”

  1. sikoni Says:

    Sama-sama….terimakasih juga resepnya kepake. Cihui!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: